Headline

Dilemma City Branding Strategy

Agresivitas pendekatan yang berorientasi investasi, subsidi dan pemasaran di tingkat global dapat menciptakan persaingan antar kota. Dengan demikian cenderung berdampak negatif pada pembangunan perkotaan. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, strategi ini dapat berjalan dengan baik untuk kota individual, namun pada tingkat keseluruhan dampaknya mungkin dipertanyakan karena persaingan pada dasarnya merupakan efek dari kebijakan pembangunan lokal yang berpikiran sempit dan berorientasi investasi.

Strategi semacam itu mungkin terbukti tidak layak terutama bagi kota dengan peringkat menengah dan bawah yang memiliki sedikit keunggulan khusus dalam kompetisi antarkota global. Dengan demikian, secara umum, kota-kota dapat melakukan pendekatan yang lebih layak untuk mendukung menghidupkan ekonomi yang ada dan menarik sumber daya baru dari arus nilai global.

Promosi tempat, pemasaran kota, dan branding kota adalah alat strategis untuk pendekatan semacam itu. Salah satu keputusan strategis kota dalam konteks globalisasi adalah untuk menentukan kombinasi penawaran, interaksi, dan faktor daya tarik yang paling menguntungkan untuk memperoleh manfaat maksimal. Hal ini membutuhkan pemahaman baik masyarakat lokal maupun lingkungan ekonominya.

Dalam branding sebuah kota terdapat beberapa hal yang membuat strategi berhasil. Pertama, branding adalah emosional. Setiap orang pada dasarnya adalah seorang yang ahli dalam bidang yang mereka suka dan penjelasan meyakinkan dari pendapat pribadi pada suatu merek jarang menjadi prasyarat ketika seseorang mengekspresikan opininya. Untuk itu, serangkaian alasan yang harus disediakan oleh sebuah kota sangat membantu.

Hal ini harus ditampilkan dalam merek sebuah kota. Dalam konteks ini, identitas merek – identifikasi dasar organisasi; pesan promosi visual, kepribadian merek dan karakteristik emosional kota menciptakan image. Visual merek yang meliputi warna dan grafis juga merupakan identitas merek, bahkan pemerintahan kota merupakan identitas dari sebuah kota.

Bahkan sebuah bangunan pun bisa menjadi daya tarik. Hilton Hotel di Sydney dikenal sebagai landmark kota sebagai pernyataan kepercayaan diri warga di kawasan bisnis utama yang sedang booming itu. Hotel itu juga dijadikan sebagai komponen strategi pembaharuan perkotaan, dengan desain sebagai ikon untuk industri konvensi bisnis dan destinasi.

Bentuk bangunan menunjukkan selera eksterior dan interior yang sangat terapeutik. Para perancangnya seakan dengan hati-hati mempertimbangkan harmonisasi antara sifat publik dan pribadi warganya. Ruang hotel juga ekspresif dengan ritual konsumsi, status, dan menarik selera.

Kota Seoul misalnya mengalami beberapa kali transformasi. Pemerintah kota secara konsisten terus menambah nilai kota dengan menekankan pada kebijakan berbasis budaya, dengan menggunakan berbagai media dan kegiatan kreatif untuk merangsang pertumbuhan sosial dan ekonomi. Paska krisis ekonomi 1996, Seoul memperbaiki ‘citra merek’nya dan srategi pemasarannya dengan fokus pada event dan transformasi fisik.

Kebijakan budaya dan acara kreatif tersebut menjadi kekuatan pendorong di balik perubahan kota Seoul. Secara khusus, di bawah Walikota Oh Se-hoon, kota tersebut meningkatkan dirinya sendiri melalui kebijakan budaya dengan menggunakan desain sebagai konsep utamanya, menciptakan ‘kota desain’ dan serangkaian kegiatan acara budaya.

Konteks budaya ini bahkan ditingkatkan menjadi diplomasi budaya. Pentingnya budaya dalam city atau place branding makin penting dalam konteks ekonomi global karena budaya dapat menyatukan produk dan memberikan nilai yang lebih besar bagi sebuah kota. Ini karena budaya itu sendiri membedakan antara satu negara dengan negara lain. Implikasinya, dalam city branding, karena kemungkinan ada kemiripan antara satu kota dengan lainnya, maka kota harus menampilkan sesuatu yang berbeda dala budaya itu.

Kedua, merek memiliki sudut pandang ganda, yang mewakili siapa pengelolanya yang visioner. Pengelola kota yang sukses pada umumnya yang memiliki visi ke depan yang didasarkan pada masa lalu.

Ketiga, kota harus memiliki tagline seperti Michigan tadi, taglinenya adalah Pure Michigan. Meskipun tidak penting, tagline dapat membantu dalam menyampaikan makna kognitif suatu simbol visual. Hal ini dapat menjadi sarana utama untuk menyampaikan pesan, yang memungkinkan seseorang membagun interpretasi lebih simbolis untuk sebuah visual. Slogan yang terbaik lebih baik kurang dari tiga kata yang menyiratkan arti.

Akhirnya, merek tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Ada segmen tertentu yang membutuhkan kebutuhan tertentu. Karena itu, sebuah kota dianjurkan fokus pada keunggulan tertentu seperti alam, sungai, menara jam, kerajinan, adat istiadat masyarakat, tempat untuk sekolah, bisnis, pertemuan, warisan budaya dan sebagainya.

Setiap yang ditampilkan harus memberikan ruang bagi pesan tunggal dengan dampak terbesar pada audience terbesar, baik penduduk dan pengunjug. Pada gilirannya, bahwa pesan tunggal harus dibuat sehingga memungkinkan interpretasi yang bermakna. Ini memang bukan pekerjaan mudah, tapi itu layak diusahakan.

 

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Clawset & Urban Moof Hadir di Indonesia

MIX.co.id – Fashionwise Venue, perusahaan ritel terkemuka di Indonesia, mengumumkan peluncuran resmi dua brand inovatifnya,…

1 day ago

Krista Exhibitions Siap Gelar Pameran PRO AVL Indonesia 2024 di JIExpo Kemayoran

MIX.co.id – Krista Exhibitions berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan industri kreatif yang berkaitan dengan teknologi…

1 day ago

Zen Karaoke & Lounge Hadirkan One Stop Entertainment

MIX.co.id – Zen Karaoke & Lounge merupakan salah satu sarana hiburan yang telah hadir sejak…

1 day ago

Sysmex Indonesia Rilis Alat Hematologi Flagship XR-Series

MIX.co.id - Sysmex Indonesia, perusahaan in-vitro diagnostic (IVD) yang telah beroperasi di Indonesia selama lebih…

1 day ago

NAMA Consultant – Atma Business Gali Potensi Pengalaman Karyawan di Dunia HR

MIX.co.id – Menurut laporan dari platform jaringan profesional online LinkedIn yang berjudul ‘2023 Workplace Learning…

1 day ago

All-New Triton Hadir dengan Kemampuan Off-Road yang Superior, Seperti Apa?

MIX.co.id - Dikenal sebagai produk legendaris yang telah hadir di Indonesia sejak 22 tahun lalu,…

1 day ago