Dua Tahun, Blibli.com Melonjak 16 Kali Lipat

Dua tahun hadir di Indonesia, sejak 2011, Blibli.com mengalami lonjakan penjualan hingga 16 kali lipat, alias 1600 persen. Kenaikan tersebut, dikatakan CEO Blibli.com Kusumo Martanto, tak lepas dari inovasi yang dihadirkan. Antara lain, menjadi pionir toko online yang menawarkan free shipping ke seluruh Indonesia, Midnight Delivery Service, program pengiriman langsung ke lokasi, pilihan pembayaran yang terlengkap, cicilan 0%, dan penawaran harga istimewa di akhir pekan atau Fun Weekend Deal.

Setelah dua tahun hadir di Indonesia, toko online Blibli.com memasarkan lebih dari 600 merchant dengan lebih dari 700 ribu brand.

"Berbelanja online sudah merupakan bagian dari lifestyle Indonesia. Kebiasaan belanja online mulai tumbuh , khususnya di kota-kota besar oleh konsumen dengan rentang umur 25-35 tahun. Saya yakin masih akan terus berkembang bisnisnya dan kami akan terus berinovasi dengan menciptakan program-program menarik untuk konsumen," ungkapnya.

Dikatakan Kusumo, sebagai online lifestyle mall, Blibli.com banyak dikunjungi para pria. Yakni sekitar 60 persen. Sementara itu, 65 persennya adalah profesional dan entrepreneur, sisanya student. "40 persen kustomer kami adalah pembeli ulang (loyal). Bahkan, ada rekor kustomer yang beli di Blibli.com hingga 54 kali. Produk fashion, lifestyle, gadget, elektronik sangat popular di BliBli.com. Terutama untuk produk gadget dan fashion," terangnya.

Kunci sukses lainnya adalah aneka merchant yang ditawarkan. Setelah dua tahun hadir, ada lebih dari 600 merchant dengan lebih dari 700 ribu brand hadir di Blibli.com. Dan jumlah itu akan terus bertambah.

Diakui Kusumo, untuk menciptakan trust kepada konsumen tentang belanja online, Blibli.com masih harus melakukan edukasi. Untuk itu, edukasi kustomer kerapkali dilakukan, baik secara online maupun offline. "Kami menggelar roadshow di sejumlah kota di Indonesia. Mulai dari edukasi tentang bisnis online, cara belanja di online secara aman, dan sebagainya. Selain itu, kami juga gandeng kampus dan asosiasi untuk edukasi tentang belanja online," tambahnya.

Dalam kesempatan ulang tahunnya yang ke-2 itu, pada akhir Juli 2013, Blibli.com juga menggelar program "Best Partner of the Year 2013". Dikatakan Kusumo, program tersebut merupakan wujud apresiasi Blibli.com kepada para mitranya.

"Selain untuk branding, kemitraan dengan Blibli.com juga bermanfaat untuk melakukan penetrasi pasar ke daerah yang belum kami masuki. Misalnya, pernah ada yang pesan dari Kalimantan, di mana kami belum memiliki outlet di sana," aku pemilik merchant Anak Manjakids and baby categoryselaku salah satu penerima penghargaan Best Partner of the Year 2013 dari Blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)