Efektifnya Kampanye ToHR dari Xpander

Pertarungan pasar Small MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia makin terlihat sengit. Sang penantang, Xpander, nampak agresif menggarap pasar. Sebagai pendatang baru, Mitsubishi merasa perlu membangun brand awareness Xpander secara massif. Salah satunya melalui kampanye komunikasi bertajuk "Xpander Tons of Real Happiness" atau dikenal dengan ToRH.

Dihelat sejak Juli 2018 hingga akhir Januari 2019, ToRH menyasar sembilan kota yang dinilai potensial untuk pasar Small MPV. Kesembilan kota yang juga menjadi langkah ekspansi Xpander tersebut adalah Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, dan Tangerang.

Dijelaskan Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), tujuan dari kampanye ToHR adalah untuk menunjukkan keunggulan yang dimiliki oleh Xpander sebagai satu-satunya Small MPV dengan fitur lengkap dan tenaga besar yang mampu membawa berton-ton kebahagiaan bagi keluarga Indonesia.

"Kami mengemas aktivasi merek ini dalam bentuk taman bermain keluarga. Ada berbagai pilihan wahana dan hiburan menarik di sana yang dapat dinikmati, seperti Ferris Wheel, Carousel, Swing Carousel, Mini XPANDER Traffic Park, Balloon Castle, Balloon Pool, 360 photo booth, Tetris game, game ketangkasan berhadiah dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya," ungkap Irwan.

LDitambahkan Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning & Communication Group MMKSI, ada dua objektif utama yang targetkan dari kampanye ToHR. Pertama adalah membangun komunikasi lebih dalam di area-area yang potensial untuk segmen kendaraan penumpang. Kedua, untuk memperoleh Web ID dengan menghimpun profil calon konsumen.

Setelah delapan kota disambangi, diakui Irwan, animo masyarakat terhitung tinggi. Tak kuran dari 88.000 pengunjung berhasil dicapai kampanye TOHR di delapan kota. Sementara itu, jumlah data yang berhasil dihimpun telah menyentuh angka 25 ribu. "Nantinya, data tersebut akan ditindaklanjuti guna memprospek konsumen baru," katanya.

Tak hanya pengunjung dan data calon konsumen baru, kampanye ToHR juga mampu mendulang SPK (Surat Pesanan Kendaraan), yang tiap event-nya mencapai 100-120 SPK. Bahkan, Xpander juga berhasil menjadi market leader di pasar segmen small MPV di kelas 1.500cc dengan market share lebih dari 44%. Sementara itu, sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Xpander mencapai angka pemesanan lebih dari 115.000 unit.

"Kehadiran Xpander di Indonesia pun telah menorehkan sejarah terhadap bisnis Mitsubishi di Indonesia, dimana di penutupan tahun 2018, penjualan kendaraan Mitsubishi dalam whole-sales basis meraih market share sebesar 13,8%. Ini yang tertinggi dalam sejarah penjualan kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Itu artinya, meningkat 79% dari tahun sebelumnya” papar Irwan.

Sejatinya, di tengah industri otomotif--khususnya Small MPV--Xpander harus mampu mempertahankan sekaligus meningkatkan posisinya. Apalagi, sang incumbent, Toyota Avanza, tak tinggal diam. Salah satu respon Toyota Astra Motor dalam menjawab tantangan Xpander adalah merilis varian baru di 2019 dengan wajah yang mirip dengan Xpander.

ToHR di Tangerang

Halaman Selanjutnya
...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)