Efektifnya Kampanye ToHR dari Xpander

Pertarungan pasar Small MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia makin terlihat sengit. Sang penantang, Xpander, nampak agresif menggarap pasar. Sebagai pendatang baru, Mitsubishi merasa perlu membangun brand awareness Xpander secara massif. Salah satunya melalui kampanye komunikasi bertajuk "Xpander Tons of Real Happiness" atau dikenal dengan ToRH.

Dihelat sejak Juli 2018 hingga akhir Januari 2019, ToRH menyasar sembilan kota yang dinilai potensial untuk pasar Small MPV. Kesembilan kota yang juga menjadi langkah ekspansi Xpander tersebut adalah Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, dan Tangerang.

Dijelaskan Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), tujuan dari kampanye ToHR adalah untuk menunjukkan keunggulan yang dimiliki oleh Xpander sebagai satu-satunya Small MPV dengan fitur lengkap dan tenaga besar yang mampu membawa berton-ton kebahagiaan bagi keluarga Indonesia.

"Kami mengemas aktivasi merek ini dalam bentuk taman bermain keluarga. Ada berbagai pilihan wahana dan hiburan menarik di sana yang dapat dinikmati, seperti Ferris Wheel, Carousel, Swing Carousel, Mini XPANDER Traffic Park, Balloon Castle, Balloon Pool, 360 photo booth, Tetris game, game ketangkasan berhadiah dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya," ungkap Irwan.

LDitambahkan Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning & Communication Group MMKSI, ada dua objektif utama yang targetkan dari kampanye ToHR. Pertama adalah membangun komunikasi lebih dalam di area-area yang potensial untuk segmen kendaraan penumpang. Kedua, untuk memperoleh Web ID dengan menghimpun profil calon konsumen.

Setelah delapan kota disambangi, diakui Irwan, animo masyarakat terhitung tinggi. Tak kuran dari 88.000 pengunjung berhasil dicapai kampanye TOHR di delapan kota. Sementara itu, jumlah data yang berhasil dihimpun telah menyentuh angka 25 ribu. "Nantinya, data tersebut akan ditindaklanjuti guna memprospek konsumen baru," katanya.

Tak hanya pengunjung dan data calon konsumen baru, kampanye ToHR juga mampu mendulang SPK (Surat Pesanan Kendaraan), yang tiap event-nya mencapai 100-120 SPK. Bahkan, Xpander juga berhasil menjadi market leader di pasar segmen small MPV di kelas 1.500cc dengan market share lebih dari 44%. Sementara itu, sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Xpander mencapai angka pemesanan lebih dari 115.000 unit.

"Kehadiran Xpander di Indonesia pun telah menorehkan sejarah terhadap bisnis Mitsubishi di Indonesia, dimana di penutupan tahun 2018, penjualan kendaraan Mitsubishi dalam whole-sales basis meraih market share sebesar 13,8%. Ini yang tertinggi dalam sejarah penjualan kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Itu artinya, meningkat 79% dari tahun sebelumnya” papar Irwan.

Sejatinya, di tengah industri otomotif--khususnya Small MPV--Xpander harus mampu mempertahankan sekaligus meningkatkan posisinya. Apalagi, sang incumbent, Toyota Avanza, tak tinggal diam. Salah satu respon Toyota Astra Motor dalam menjawab tantangan Xpander adalah merilis varian baru di 2019 dengan wajah yang mirip dengan Xpander.

ToHR di Tangerang

Akhir Januari ini, kampanye ToHR memasuki babak akhir, alias telah memasuki kota yang kesembilan, Tangerang. Di kota tersebut, kampanye ToHR berlangsung selama tiga hari (25-27 Januari 2019) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang. Di kota terakhir itu, Mitsubishi mampu menggenapkan jumlah pengunjung di sembilan kota mencapai 100 ribu.

Selain taman hiburan dengan aneka permainan, kampanye ToHR di Tangerang menghadirkan Keluarga Sasono sebagai “Agent of Happiness” yang terdiri dari Dwi Sasono, Widi Mulia, dan tiga anaknya, Dru, Widuri, dan Den Bagus. Selain itu, kampanye ToHR di Tangerang juga dimeriahkan dengan aksi panggung dari RAN, Naura, DJ Yasmin, dan Diskopantera.

Pengunjung juga dapat menyaksikan talkshow bersama Rifat Sungkar sebagai product ambassador dari Mitsubishi Motors. Talkshow juga akan diramaikan oleh YouTuber ternama seperti Fitra Eri, Ridwan Hanif, dan Motomobi yang akan menambah informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif.

"Tidak hanya itu, pada acara kali ini, diihadirkan pula sesi meet and greet bersama para pemeran film “Dilan 1991”, film drama Indonesia yang diangkat dari novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1991 karya Pidi Baiq," ucap Intan.

Tentu saja, Xpander juga mengundang pengunjung untuk dapat mencoba langsung kenyamanan dan kekuatan Xpander melalui area test drive challenge. Pengunjung yang melakukan test drive berkesempatan mendapatkan hadiah undian voucher belanja senilai total Rp 25 juta. Pengunjung yang beruntung, akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan test drive & selfie bersama Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar, serta hadiah shopping voucher yang diundi setiap harinya," Intan menjelaskan.

Di ToHR, pengunjung juga dapat melakukan pembelian kendaraan Mitsubishi XPANDER dengan program ‘Lucky Dip’ menarik berupa paket aksesoris mulai dari paket Basic, Aero dan Aero plus yang khusus tersedia di event itu.

"Pada event ini, kami juga bekerja sama dengan Belimobilgue.co.id bagi pengunjung yang ingin melakukan trade in untuk mengganti kendaran mereka jenis apa saja dengan Xpander. Pengunjung akan dibantu oleh tim sales dari dealer dan juga tim leasing dari Dipo Star Finance dalam melakukan pembelian kendaraan dengan berbagai penawaran menarik," urai Budi D. Daulay, Head of Sales Marketing Department Region 1 MMKSI.

Pada kesempatan ini, imbuh Budi, Xpander juga berkolaborasi dengan komunitas pengguna Xpander, yaitu Xpander Mitsubishi Owners Community (X-MOC) dalam kegiatan bertajuk “Tour de Happiness”. Melalui kolaborasi itu, para anggota komunitas dan pengguna Xpander lainnya akan melakukan city touring menuju spot-spot menarik dengan menggunakan Mitsubishi Xpander dan mengunjungi event ToRH Tangerang sebagai garis finish.

"Tidak hanya itu, anggota komunitas X-MOC juga hadir dengan menampilkan 6 unit modifikasi Xpander yang unik dan menarik yang dikemas dalam Modification Exhibition guna menunjukkan modifikasi yang ‘effortless’ bersama Xpander," lanjut Budi, yang menyebutkan bahwa Xpander juga menyediakan spot-spot menarik untuk berfoto bersama keluarga, untuk kemudian mengunggah foto di media sosial guna mengikuti kompetisi media sosial berhadiah 'Post the Spot'.

Serupa dengan event sebelumnya, di event penghujung ini, Xpander juga menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), “Xpander Berbagi Kebahagiaan”. Mitsubishi mengajak anak-anak panti asuhan dari masing-masing kota yang dikunjungi untuk turut merasakan kebahagiaan yang ada di ToRH.

Selain memberikan kesempatan untuk mencoba wahana yang tersedia, Mitsubishi juga mendonasikan perlengkapan sekolah untuk anak-anak tersebut. "Pada event penutup ini, kebahagiaan yang nyata juga kami bagikan kepada anak-anak penderita kanker dari non-government organization 'Sahabat Ayah Sarah' dengan memberikan donasi uang pengobatan, mainan, serta perlengkapan sekolah kepada anak-anak tersebut," tutur Intan.

Menurut Budi, event ToHR di Tangerang ini juga menjadi salah satu selebrasi karena Xpander di Tangerang tercatat sebagai market leader. "Kami berharap akan ada 150 SPK yang berhasil didapatkan dari event ToHR di Tangerang ini," patoknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)