Tahun 2012 lalu, nilai bisnis device telekomunikasi—telepon seluler dan tablet—ditutup dengan angka Rp 40 triliun. Sementara itu berdasarkan jumlah unit, telepon seluler yang terjual pada 2012 lalu mencapai 55 juta unit. Padahal, pada tahun 2008, jumlahnya hanya mencapai 24 juta unit. Tak heran, jika tahun 2013 ini industri telekomunikasi masih diprediksi naik hingga 15-18%.

Sepanjang tahun 2013, Erajaya Group menargetkan penjualan sekitar 11,5 juta unit ponsel dan target revenue Rp 15,5 triliun.

Tingginya nilai bisnis tersebut dipicu oleh pertumbuhan pasar smartphone, yang dalam lima tahun terakhir menunjukkan perfoma luar biasa. Tahun 2012 lalu misalnya, secara unit, produk smartphone berkontribusi hingga 28%. Padahal, di tahun 2009, kontribusinya masih di angka 5%.

Sementara dari sisi value, kontribusi smartphone tercatat lebih besar. “Melihat tren-nya saat ini, kontribusi smartphone terhadap total binis device telekomunikasi di tahun 2013 ini diperkirakan menjadi 37%,” ungkap Djatmiko Wardoyo, Marketing & Communications Director Erajaya Group.

Gurihnya pasar device telekomunikasi juga dirasakan oleh Erajaya Group. Sebagai kelompok usaha yang bergerak di jasa distribusi dan retail, pada penghujung tahun 2012 lalu Erajaya Group mampu menutup revenue pada Rp 12,9 triliun. Itu Artinya, Erajaya Group mampu menguasai pasar sebesar 32%.

“Tahun ini, target kami bisa tumbuh 21% serta menjual tak kurang dari 11,5 juta unit ponsel. Kami optimis bisa membukukan revenue Rp 15,5% di akhir tahun ini. Sementara itu, target market share yang ingin kami raih di tahun 2013 sebesar 35%,” ia mematok.

Sukses Erajaya Group, diungkapkan Djatmiko, berkat sejumlah terobosan yang dilakukan. Termasuk, mengakusisi TAM (distributor sederet brand ponsel ternama) dan iBox. Adapun dua terobosan teranyar yang sudah dilakukan adalah konsep Mega Store dan Android Nation.

Dipaparkan Djatmiko, Mega Store adalah konsep pameran sepanjang tahun dengan ukuran toko yang sangat besar—minimal 300 meter persegi. Tentu saja, outlet Mega Store akan menggandeng merek-merek device ternama—di mana mereka dapat memajang display serta melakukan branding maupun promo di sana. Adapun Android Nation adalah outlet yang menghadirkan beragam device yang ber-platform Android. Selain itu, Erajaya Group juga sudah melakukan integrated warehouse.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)