Faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan 'Switching'

Harga sering kali menjadi perbandingan antara produk sale dengan produk/merek baru. Faktanya, diantara kelima atribut produk atau serviceharga, service agreement, pilihan, fitur atau kualita yang dianalisis oleh Nielsen Global Survey of Loyalty Sentiment baru-baru ini, menunjukkan bahwa harga yang tepat merupakan faktor utama yang memotivasi konsumen untuk melakukan switching merek, service provider, ataupun retailer.

Menurut Nielsen Global Survey of Loyalty Sentiment, harga merupakan faktor utama yang memotivasi konsumen untuk melakukan switching merek, service provider, ataupun retailer.

Dari sejumlah responden yang mengatakan kalau mereka sepenuhnya loyal, 4 dari 10 (41%) menyatakan bahwa mendapatkan produk dengan harga yang lebih masuk akal dapat mempengaruhi mereka untuk melakukan switching merek, service provider, ataupun retailer.

Sementara, harga juga merupakan faktor dominan yang mempengaruhi switching lebih dari setengah populasi di Amerika Utara (61%) dan Eropa (54%). Di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah/Afrika, pengaruh harga dan kualitas seimbang, dengan kira-kira sepertiga dari responden di masing-masing kedua negara. Lalu, 28% konsumen Amerika Latin, 22% konsumen Eropa, dan 20% konsumen Amerika Utara juga cenderung melihat kualitas sebagai alasan mereka berpindah merek.

“Meskipun harga yang tepat sepenuhnya memotivasi konsumen mengubah loyalitas mereka ke produk lain, hal itu juga tidak akaan bertahan lama jika produk baru tersebut tidak bisa men-deliver apa yang diinginkan konsumen,” kata Julie Currie, Senior Vice President Global Loyalty Nielsen.

“Dengan mendapatkan keseimbangan harga atau value yang tepat, stok produk tersedia, dan menawarkan pengalaman belanja memuaskan merupakan cara yang vital untuk membangun loyalitas pelanggan dalam jangka panjang,” sambungnya.

Selain harga dan kualitas, 19% responden Asia Pasifik dan 18% dari Amerika Latin juga memilih service agreement yang lebih baik, melebihi rata-rata secara global (15%). Lalu jarak atau jangkauan serta pilihan atau varian produk juga faktor yang sangat berpengaruh di Asia Pasifik (13%), dibandingkan dengan responden di Eropa (8%), Amerika Utara (7%), Amerika Latin (7%), dan Timur Tengah/Afrika (5%).

Secara global, responden juga menuntut fitur atau jenis produk, yang setidaknya dapat mempengaruhi mereka untuk mengkhianati merek, service provider, atau retailer yang biasa mereka pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)