Mengapa Start-Up Juga Butuh PR?

Tahukah Anda bahwa sekitar 90 persen startup gagal dalam lima tahun pertama beroperasi? Salah satu alasan utama adalah karena kesadaran merek pada target market yang buruk, yang dikembangkan melalui strategi PR. Memiliki eksposur yang tepat sangat penting untuk mendapatkan klien baru, mengembangkan perusahaan, dan mengamankan pendanaan di masa depan—secara umum, kesuksesan perusahaan.

Public relations (PR) sangat penting bagi perusahaan start-up, terutama ketika mereka sedang membangun merek dan mencoba memperoleh perhatian di tengah persaingan yang ketat. Ada  beberapa alasan mengapa start-up membutuhkan public relations.

Pertama, untuk meningkatkan kesadaran merek. Start-up perlu meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan publik dan media. Public relations dapat membantu start-up memperoleh cakupan media yang luas dan meningkatkan visibilitas mereka di pasar.

Kedua, untuk meningkatkan kredibilitas. Dalam dunia bisnis, kredibilitas sangat penting. Public relations dapat membantu start-up memperoleh publisitas yang positif dan membangun reputasi yang kuat di antara khalayak.

Ketiga, untuk membangun hubungan. Public relations dapat membantu start-up membangun hubungan dengan media, investor, dan mitra potensial. Dengan membentuk hubungan yang kuat, start-up dapat memperoleh dukungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan mereka.

Keempat, untuk memperoleh dukungan investor: Investasi sangat penting untuk pertumbuhan start-up. Public relations dapat membantu start-up menarik perhatian investor dan memperoleh modal yang dibutuhkan untuk berkembang.

Kelima, untuk mengatasi isu-isu yang berkaitan dengan merek: Dalam dunia bisnis, isu-isu yang berkaitan dengan merek bisa terjadi kapan saja. Public relations dapat membantu start-up mengatasi masalah dan mengelola krisis dengan cepat dan efektif.

Dalam keseluruhan, public relations dapat membantu start-up memperoleh pengakuan, mendapatkan kredibilitas, memperoleh dukungan, dan mengelola merek mereka dengan baik. Public relations dapat membantu start-up tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Persaoalannya adalah startup dan bisnis kecil tidak selalu memiliki jenis keterampilan atau sumber daya yang mereka butuhkan untuk meningkatkan visibilitas mereka di lanskap media yang sudah terlalu jenuh. Jenna Guarneri, CEO dan pendiri JMG Public Relations, percaya bahwa, bila dilengkapi dengan alat dan pemikiran yang tepat, pengusaha dan pemimpin bisnis dapat menjadi humas mereka sendiri yang efektif.

Buku "You Need PR: An Approachable Guide to Public Relations for Early-Stage Companies" karya Jennifer Risi dan colleen Martell memberikan panduan praktis untuk perusahaan-perusahaan awal dalam membangun kampanye Public Relations (PR) yang efektif. Buku ini terdiri dari 8 bab; mulai dari pengantar hingga bagaimana cara perusahaan memperoleh liputan media.

Di bab tentang setting PR goals, dibahas tentang bagaimana perusahaan-perusahaan awal dapat menetapkan tujuan PR yang spesifik, terukur, dan terkait dengan bisnis mereka. Bab ini juga membahas mengapa penting untuk memiliki tujuan yang jelas dan mengukur kesuksesan kampanye PR.

Kemudian Bab, Understanding Your Audience. Bab ini membahas pentingnya memahami target audiens perusahaan-perusahaan awal. Bab ini juga membahas bagaimana perusahaan-perusahaan awal dapat menyesuaikan pesan mereka dengan kepentingan dan kebutuhan audiens mereka.

Bab ke empat dibahas tentang bagaimana perusahaan-perusahaan awal dapat mengembangkan pesan merek yang konsisten dan efektif. Bab ini juga membahas bagaimana pesan merek dapat membantu perusahaan-perusahaan awal membedakan diri dari pesaing.

Kemudian bab yang membahas tentang cara-cara membangun hubungan yang baik dengan media. Bab ini juga membahas pentingnya media dalam meningkatkan visibilitas merek perusahaan-perusahaan awal dan membantu memperoleh cakupan media yang positif.

Elanjutnya adah bab yang membahas soal cara-cara memperoleh dukungan dari influencer. Bab ini juga membahas mengapa influencer dapat membantu perusahaan-perusahaan awal memperoleh pengakuan merek dan meningkatkan kredibilitas.

Buku panduan praktis dan alat yang ampuh untuk pengusaha atau pemilik usaha kecil mana pun, You Need PR menawarkan pendekatan publisitas yang cerdas, selangkah demi selangkah, lakukan sendiri yang akan memungkinkan Anda meningkatkan reputasi perusahaan dan membangun momentum bisnis yang langgeng. (Edhy Aruman)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)