MENGKOMUNIKASIKAN CSR (6)

Tupperware She Can! Untuk Mendongkrak Kinerja

Penulis: Dwi Wulandari

Tupperware She Can! sejatinya adalah kampanye global pemilik merek produk wadah plastik Tupperware yang dipasarkan dengan sistem Multi Level Marketing (MLM). Program ini ditujukan untuk beberapa tujuan, antara lain memecahkan masalah melambatnya pertumbuhan jumlah tenaga penjual (sales force), ujung tombak penjualan produk Tupperware; untuk menciptakan citra merek yang baik; dan dalam rangka pembangunan mereknya.

Di Indonesia, program tersebut diadaptasi dengan mengusung misi “Mengubah Hidup Wanita dan Keluarganya Menjadi Lebih Baik” dan filosofi Enlighten, Educate, dan Empower (3E). “Filosofi Tupperware yang dikenal di seluruh dunia sebagai kampanye 'Chain of Confidence' itu diterjemahkan ke dalam bahasa dan karakter masing-masing Negara. Di Indonesia, kami menerjemahkan dalam program Tupperware She Can!,” ungkap Nurlaila Hidayati, Marketing Manager PT Tupperware Indonesia, yang biasa disapa Etty.

Pada Enlighten, kata Etty, Tupperware mengajak wanita Indonesia untuk membuka wawasan. Kemudian pada tahap Educate, Tupperware menggelar bimbingan yang bersifat pelatihan sekaligus pendidikan kepada wanita Indonesia. Dan memasuki tahap Empower, Tupperware memotivasi wanita Indonesia untuk sukses.

Berdasarkan brand survey 2012, awareness Tupperware telah mencapai 100%. Jumlah sales force Tupperware yang pada akhir 2011 baru 110 ribu orang, pada Agutus 2012 telah bertambah menjadi lebih dari 150 ribu orang.

Tupperware She Can! ini membidik tiga segmen, yakni sales force, konsumer, dan publik. Untuk segmen Sales force, Tupperware mengajak mereka untuk selalu memotivasi sesama wanita bahwa wanita bisa mengubah hidupnya dan keluarganya menjadi lebih baik. “Kami memberikan pelatihan dan keterampilan kepada mereka, baik soft skill maupun hard skill, seperti meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berbicara, dan sebagainya,” tambah Umayanti Utami, Public Relation and Communication Manager PT Tupperware Indonesia.

Untuk segmen konsumen, Tupperware menanamkan image bahwa Tupperware adalah brand yang memahami sekaligus menginspirasi wanita. Dengan demikian, wanita Indonesia akan bangga pada dirinya sendiri dan yakin menggunakan produk Tupperware.

Sementara itu, untuk segmen public, Tupperware menampilkan sejumlah wanita Indonesia yang inspiratif dari berbagai kalangan dan profesi lewat program ‘She Can Award’ yang digelar dua tahun sekali. “Tokoh-tokoh wanita itu bukan orang atau sales force Tupperware. Obyektifnya, untuk memotivasi seluruh wanita di Indonesia untuk mengubah hidup dan keluarganya menjadi lebih baik,” tegas Umay.

Seluruh saluran komunikasi secara terintegrasi dimanfaatkan demi mensukseskan program Tupperware She Can. Mulai dari program di televisi, talkshow di radio, kampanye di media cetak, sponsorship, kegiatan off air “Tupperware She Can,” digital lewat Website serta social media Facebook dan Twitter, hingga menerbitkan buku “She Can” dan “52 Kata-Kata Motivasi”.

Hasilnya tercatat efektif. Berdasarkan brand survey 2012, awareness Tupperware mencapai 100%. Reputasi Tupperware di mata publik pun baik. Bahkan, jumlah sales force Tupperware yang pada akhir 2011 baru 110 ribu orang, pada Agutus 2012 menjadi lebih dari 150 ribu orang.

“Tak hanya itu, rating program TV Tupperware She Can pun menempati tiga besar, sejajar dengan program TV ‘Just Alvin’ dan ‘Kick Andy’. Termasuk, terus bertumbuhnya jumlah follower dan fans page Tupperware She Can. Bahkan, sales growth kami pun bagus,” urai Etty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)