Merancang Content Marketing yang Efektif

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat strategi content marketing yang efektif. Ada ribuan sumber di luar sana yang berisi jutaan opini berbeda mengenai apakah yang sebenarnya menjadi jalan terbaik untuk meraih kesuksesan marketing.

think-conMatthew Levy (dalam http://www.brafton.com) mengungkapkan empat komponen penting yang mendukung kesuksesan content marketing :

1. Infrastruktur untuk Melakukan Tracking Hasil

Anda tidak akan pernah tahu apakah konten Anda berhasil atau tidak jika Anda tidak memiliki metode untuk mengukur atau men-track-nya. Anda dapat menggunakan Google Analytics dan Webmaster Tools karena keduanya mampu membantu Anda melakukan tracking ROI pada strategi content marketing.
Jangan takabur. Tetapkan goal-goal. Sebuah sistem pengukuran yang solid adalah infrastruktur untuk strategi content marketing Anda.

2. Strategi SEO yang Up-to-date
Ini merupakan hal yang sulit mengingat Google sering melakukan perubahan-perubahan dari menit ke menit. Namun penting bagi marketers untuk dapat mengimbangi trend serta memahami bagaimana mereka mengaplikasikannya ke strategi content marketing jika mereka ingin sukses di dalamnya.

Keywords tidak lagi sepenting dulu, namun teralu meremehkan mereka tentu tidak disarankan. Keywords research yang kuat dan strategi pemilihan keyword yang teliti merupakan hal esensial di dalam SEO. Bagian terbaik adalah, dengan menggunakan perangkat seperti Google Keyword Planner maupun platform sejenis lainnya, proses ini tidaklah sulit. Ada banyak data tidak terduga di luar sana, memberi tahu Anda mana yang merupakan keyword dengan tingkat pencarian tinggi dan rendah.

Anda harus waspada terhadap perubahan yang terjadi di berbagai situs internet. Memang merupakan hal yang sulit untuk mengimbanginya. Beberapa orang mungkin mengibaratkannya seperti memiliki 10.000 buah sendok di saat kita sebenarnya hanya membutuhkan sebuah pisau. Namun, memang jalan terbaik bagi marketers adalah mengikuti perkembangan terkini di dunia internet.

Terakhir, konten Anda harus relevan. Pastikan bahwa konten tersebut mampu menjawab pertanyaan orang-orang atau mampu berkontribusi di dalam diskusi yang lebih besar. Ada pula banyak tools yang dapat membantu Anda mengetahui pembicaraan terkini, dan hal tersebut berlaku pula untuk topik-topik spesifik.

3.Konten yang bervariasi
Agar strategi content marketing dapat berjalan sukses, Anda perlu memiliki konten yang bervariasi. Anda berada di medan peperangan dalam memperebutkan perhatian orang-orang, dan durasi perhatian (attention span) tersebut semakin hari semakin pendek.

Teks yang polos dan tidak terformat tidak akan berlaku lagi. Anda perlu melakukan apapun yang Anda bisa kepada audiens Anda selagi menyajikannya secara ringkas namun menarik mata, seperti misalnya teks yang dilengkapi gambar atau foto, infografis untuk meng-highlight informasi, video yang informatif sekaligus menghibur, ebook berwarna-warni namun jelas, maupun studi kasus dan kertas putih ketika Anda menyajikan topik yang lebih serius.

Tepat di saat Anda merasa telah menguasai semua tipe konten tersebut, mereka berubah. Infografis yang statis akan menjadi interaktif, video dapat memungkinkan audiens untuk melihat dalam sudut 360 derajat, maupun kemungkinan-kemungkinan lain. Bagian ini lah yang membuat industri content marketing menarik namun juga menantang.

Anda perlu tahu tentang apa yang terjadi di luar sana, juga memiliki sumber-sumber serta tahu bagaimana Anda harus bertindak cepat ketika menemukan metode-metode untuk reaching dan engaging audiens terbaru.

4. Strategi Sosial Media

Terakhir namun bukan yang paling tidak penting, ialah sosial media. Keberadaan sosial media sangat penting bagi strategi Anda. Ada banyak channels sosial media berbeda di sana sehingga Anda perlu untuk membagikan konten yang sejalan dengan goal-goal perusahaan Anda.

Beberapa platform sosial media merupakan niche terbaik untuk bisnis, yang lainnya baik untuk melakukan pilot mengenai ide-ide baru serta memberi feedback cepat. Goal Anda ialah segala hal yang Anda share akan ter-viral, namun hal tersebut kemungkinan besar tidak akan terjadi. Jika hal tersebut terjadi, seperti yang ada di dalam Facebook, adalah karena algoritma yang memberikan Anda reward karena men-share sesuatu yang memancing reaksi netizen, dan juga karena Anda melakukan posting secara konsisten. Untuk mencapai goal-goal agar website dapat dilihat oleh banyak orang, aktif lah di media sosial serta berusahalah untuk terlibat di kerumuman penggunanya dengan konten terbaik Anda.

Buatlah infrastruktur analisis. Optimasi situs dan konten untuk tujuan-tujuan SEO. Buatlah konten yang mengagumkan. Bagikan di sosial media. Lalu lihat apa yang berhasil Anda capai via Google Analytics karena infrastruktur yang telah Anda bangun. Sesuaikan. Lalu ulangi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)