NOSTALGIA MARKETING VIVA COSMETIC: MEMORI DI BALIK BRAND “MADE IN INDONESIA”

Baru-baru ini, Viva Cosmetics, brand kosmetik pertama yang menyatakan 'Made in Indonesia', meluncurkan berbagai serum inovatif untuk mengatasi masalah kulit kompleks. Tiga jenis serum baru; Viva Glowing White Serum, Viva Peeling Serum, dan Viva Anti-Aging Serum. Nostalgia marketing?

Nostalgia marketing Viva Cosmetic mengacu pada strategi pemasaran yang memanfaatkan kenangan dan pengalaman masa lalu yang terkait dengan merek Viva Cosmetic sebagai brand "Made in Indonesia". Strategi ini bertujuan untuk membangkitkan emosi positif dan menghubungkan konsumen dengan sejarah perusahaan, sekaligus mengingatkan mereka akan kebanggaan memiliki produk yang berasal dari Indonesia.

Salah satu yang dilakukan Viva adalah dengan terus berinovasi. Terakhir inovasinya melahirkan produk tiga jenis serum baru; Viva Glowing White Serum, Viva Peeling Serum, dan Viva Anti-Aging Serum.     Produk-produk itu dirancang untuk menjawab berbagai masalah kulit yang dialami kaum wanita. Kehadiran serum-serum ini diharapkan meningkatkan kesadaran merek Viva Cosmetics di tengah persaingan pasar serum yang semakin ramai.

Sebelum era kecantikan Indonesia diramaikan oleh kehadiran brand ternama seperti Sariayu, Mustika Ratu, dan Wardah, serta brand-brand luar seperti Korea, di Indonesia telah ada sebuah perusahaan kosmetik yang unggul dan berkualitas, yaitu PT Vitapharm.

Sariayu, Mustika Ratu, Wardah dan Viva memperkaya kenangan dan pengalaman konsumen yang terkait dengan merek-merek yang berasal dari Indonesia. Sejarah dan pencapaian perusahaan, serta nilai-nilai lokal yang terkandung dalam produk tersebut membangun citra bahwa Indonesia kuat.

Dengan mengingatkan konsumen akan memori tersebut, perusahaan berusaha untuk membangun koneksi emosional dan kebanggaan akan produk yang diproduksi di Indonesia. Viva Cosmetics merupakan brand kosmetik pertama yang menyatakan 'Made in Indonesia', menegaskan komitmennya untuk memproduksi produk kecantikan berkualitas yang berasal dari Indonesia.

Berdiri sejak 1962 dan berlokasi di Surabaya, perusahaan ini memulai perjalanannya dengan nama PT General Indonesian Producing Centre. Kemudian, berganti nama menjadi PT Paberik Pharmasi Vita pada tahun 1964, hingga akhirnya menjadi PT Vitapharm pada tahun 1998.

Sebagai perusahaan kosmetik tertua di Indonesia, Viva Cosmetics telah melalui berbagai langkah strategis dalam upaya mempertahankan visinya: menjadi perusahaan kosmetik tropis terkemuka yang dipercaya oleh masyarakat global. Selama beberapa dekade, perusahaan ini bertransformasi melalui peningkatan kualitas, adopsi teknologi ramah lingkungan, serta penyesuaian produk dan strategi distribusi.

Vitapharm merupakan perusahaan kosmetik asli Indonesia tertua, dan telah melalui berbagai langkah strategis dalam upaya mempertahankan visinya: menjadi perusahaan kosmetik tropis terkemuka yang dipercaya oleh masyarakat global. Selama beberapa dekade, perusahaan ini bertransformasi melalui peningkatan kualitas, adopsi teknologi ramah lingkungan, serta penyesuaian produk dan strategi distribusi.

Sebagai produk andalan PT Vitapharm, Viva Cosmetics telah mengalami proses transformasi guna mengadaptasi diri dengan perkembangan tren dan zaman. Dengan inovasi produk serta desain kemasan yang lebih menarik bagi generasi muda dan penjualan melalui platform daring, perusahaan ini membuktikan kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan.

Meski memiliki sejarah panjang dan pencapaian yang membanggakan, Viva Cosmetics harus menghadapi beberapa tantangan di era digital saat ini. Kian berkembangnya beauty blogger dan MUA sebagai influencer menuntut perusahaan untuk membangun engagement yang lebih kuat dengan konsumen generasi milenial. Selain itu, konsumen generasi milenial cenderung menyukai inovasi dan produk baru, sehingga Viva harus terus memperbarui produk dan kemasannya untuk mengikuti selera pasar.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Viva adalah image yang melekat pada brand ini sebagai produk kosmetik bagi generasi tua. Untuk mengatasi hal ini, Viva harus terus berinovasi dan menciptakan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen milenial.

Dalam perjuangannya untuk tetap eksis di industri kosmetik Indonesia, Viva Cosmetics telah meluncurkan sekitar 500 varian produk, dengan setiap tahunnya menghadirkan 5-10 produk baru. Salah satu langkah cerdas yang dilakukan adalah meluncurkan brand RedA yang ditujukan untuk kalangan remaja, yang sekaligus membantu mengubah persepsi Viva sebagai brand yang hanya untuk generasi tua.

Sebagai pelopor industri kosmetik di Indonesia, Viva Cosmetics wajib terus berinovasi dan mengikuti perubahan yang dinamis. Dengan tekad dan upaya yang gigih, Viva berjanji untuk terus mempertahankan eksistensinya sebagai perusahaan kosmetik tropis terkemuka yang dipercaya oleh masyarakat global.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan, terutama di era digital saat ini, Viva Cosmetics telah berhasil menjaga eksistensinya dan tetap menjadi perusahaan kosmetik tropis terkemuka yang dipercaya oleh masyarakat global. Sebagai legenda kosmetik Indonesia, kisah masa lalu Viva Cosmetics menjadi bukti ketangguhan dan ketekunan perusahaan dalam menjalani perjalanan panjangnya di industri kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)