Orang Sana Suka Produk Indonesia

“Masakan dan cara memasak masyarakat Kamerun tidak sama dengan Nigeria,” jelasnya. “Solusi kami adalah menyesuaikannya dengan selera lokal. Jadi kita menggunakan merek yang sama di Kamerun dan Nigeria, tetapi dengan rasa dan komposisi yang berbeda.”

Charles Elame, direktur penjualan Diageo untuk Kamerun, mengatakan bahwa saat memutuskan membeli atau tidak, sensitivitas harga diantara konsumen sering mengalahkan preferensi mereka terhadap merek. Untuk alasan ini, industri minuman beralkohol biasanya melakukannya dengan promosi penjualan.

Elame juga menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk memahami bagaimana jaringan distribusi bekerja di negara itu. Dengan sebagian besar masyarakatnya belanja di tempat-tempat informal (menurut Nielsen sekitar 98%), maka penting pada perusahaan untuk memastikan bahwa produk mereka ada di pasar informal.

Nilai dan keterjangkauan adalah kunci. Ini tidak berarti harga produk harus murah. Keterjangkauan berarti konsumen harus benar-benar mampu membelinya tanpa harus mengorbankan kualitas. Di Afrika, keterjangkauan itu diterjemahkan ke dalam strategi yang berfokus pada ukuran kecil dan kemasan yang dirancang untuk penggunaan tunggal atau sachet. Ini berlaku untuk banyak produk mulai dari sampo, susu bubuk hingga vodka.

Group Wings yang dikelola Keluarga Katuari mempunyai pengalaman panjang bersentuhan dengan konsumen Afrika-nya. Produk-produk andalan toiletries-nya yang dipasarkan di beberapa negara Afrika menuai kesuksesan. Beberapa produk yang dipasarkan dalam bentuk lebih “ekonomis” di sana mendapat sambutan hangat. Bahkan beberapa produk yang sudah tidak begitu laku dijual di Indonesia, masih laku keras disana. Misalnya sabun cuci batangan biru masih diminati.

Patrick Mandengue, head of Central Africa for Unilever, menyarankan kepada perusahaan yang akan memperkenalkan produk baru ke pasar Afrika harus dimulai dengan ukuran paket yang lebih kecil yang dapat dijual dengan harga murah. Strategi ini banyak dilakukan oleh perusahaan FMCG untuk pasar dengan konsumen yang sensitive terhadap harga. Dengan penduduk yang kecil seperti di Kamerun, karena skala ekonomi strategi ini kurang menguntungkan.

Yang menarik, kemasan kecil atau sekali pakai tersebut juga sesuai dengan bidaya onsumen Afrika. Di kebanyak negara Afrika, sebagian besar konsumen perkotaannya memiliki sifat “on the go” konsumsi. Jika diperhatikan, sebagian besar konsumen berbelanja di pedagang kaki lima atau convenience outlet. Ini membarikan petunjuk bahwa kenyamanan dan produk tunggal bukan hanya menghasilkan keterjangkauan, tetapi sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen untuk on-the-go konsumsi tadi.

Mandengue mencatat bahwa kemasan kecil sekali pakai bisa menjadi strategi yang sangat penting, terutama saat memperkenalkan produk baru. Strategi tersebut sangat bermanfaat karena sttrategi itu memungkinkan konsumen untuk menguji produk mereka. Ukurannya yang kecil dan harganya yang murah membuat mereka sedikit menanggung risiko. Dengan demikian, produk baru dapat bersaing dengan lebih dipercaya dan dapat memantabkan merek tersebut di pasar.

Dari perspektif kualitas, konsumen Afrika sering berani membayar lebih untuk merek atau produk yang menawarkan kualitas lebih tinggi tanpa kompromi dan dianggap sebagai merek dunia. Sering kali Anda akan mendengar konsumen mengatakan “sesuatu yang murah adalah yang mahal”.

Pada dasarnya, Afrika bisa disebut sebagaipasar yang sedang tumbuh. Ini mengindikasikan dinamika yang tinggi sehingga perusahaan harus terus memonitor perkembangan yang berlangsung. Setiap perubahan harus damati dan ditangkap perusahaan sebagai peluang. Bila lolos bisa jadi peluang itu berubah menjadi ancaman.

Boubakar Diarra, direktur operasi di pabrik produk kecantikan Biopharma, mengatakan penelitian dan pengembangan merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan jangka panjang. Ini karena melalui penelitian misalnya perusahaan dapat menangkap kebutuhan dan kesempatan untuk menjadi inovatif.

Penelitian juga diperlukan untuk mengidentifikasi titik harga yang tepat untuk produk konsumen. Sementara sebagian besar konsumen adalah harga-sensitif dan mendasarkan keputusan pembelian mereka pada apa yang mereka mampu, ada juga gerakan menuju kesadaran kesehatan. Diarra mencatat tren ini mungkin lebih diucapkan di Kamerun daripada di negara-negara lain, dan menyarankan perusahaan untuk menghabiskan waktu untuk meneliti titik harga yang tepat yang membahas kebutuhan konsumen untuk kualitas dan keterjangkauan.

Page: 1 2 3 4Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Tren Media Sosial Terpopuler di 2025: Kreativitas, AI, dan Interaksi yang Lebih Manusia

Di 2025, tren media sosial membuktikan inovasi tidak terbatas: Kreativitas yang melekat pada budaya meme,…

4 days ago

Indosat – AlonOS Kembangkan Kecerdasan Artifisial di Indonesia

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha (kanan), dan CEO AIonOS CP Gurnani…

4 days ago

Hadir di Jakarta, Humble Baker Tawarkan Kemitraan untuk Bisnis Artisan Bakery

MIX.co.id - Nilai bisnis F&B (food & beverage) di Indonesia terus bertumbuh tiap tahunnya. Data…

4 days ago

Jelang Ramadan, Soyjoy Luncurkan Varian Kurma Nastar

MIX.co.id - Jelang Ramadan tahun ini, PT Amerta Indah Otsuka kembali berinovasi dengan menghadirkan varian…

5 days ago

Savyavasa Tawarkan Hunian yang Memadukan Eksklusivitas, Keberlanjutan, dan Desain Berkualitas Tinggi

MIX.co.id - Data dari Mordor Intelligence menyebutkan, pasar properti Indonesia diproyeksikan tumbuh hingga US$ 68,55…

5 days ago

Bidik Segmen B2B, Modena Luncurkan Chest Freezer Terbaru

MIX.co.id - Untuk mendukung kebutuhan bisnis di berbagai sektor, Modena kembali merilis inovasi terbarunya, Chest…

5 days ago