Melakukan brand and client research secara berkala merupakan hal yang sebaiknya dilakukan oleh para marketers untuk dapat mengkomunikasikan value-aded brand secara efektif. Riset tersebut dapat dilakukan terhadap berbagai aspek brand, mulai dari stakeholder interest, klien (baik saat ini maupun potensial), analisis kompetitif, hingga big idea. Namun, Joshua Conran (2015) mengungkapkan bahwa secara substansif, dua jenis riset yang perlu dilakukan oleh brand terdiri dari riset brand serta riset terhadap klien.
Baik riset brand maupun riset klien tidak dapat berdiri sendiri, alias bersifat saling melengkapi. Dengan melakukan riset klien, gambaran yang telah didapat brand melalui hasil riset brand akan bersifat semakin insightful. Dengan demikian, marketers dapat membuat pesan marketing yang menarik bagi berbagai kelompok.
Menurut Conran, melakukan riset brand dan riset klien akan memberikan paling tidak tiga manfaat bagi kegiatan marketing. Pertama, marketers dapat menangkap gambaran menyeluruh mengenai seperti apa klien saat ini, apa yang dibenci klien-klien terdahulu, serta apa yang dicari oleh para klien potensial. Kedua, marketers mampu menemukan produk apa yang lebih fit di kalangan market. Marketers harus menemukan apa yang diinginkan oleh target audiens, lalu mengkonsultasikan dengan sumber daya perusahaan untuk melihat posibilitas pengeksekusian ide audiens. Terakhir, riset akan membantu marketers untuk memaksimalkan potensi perusahaan. Para marketers akan memahami cara terbaik untuk menyampaikan pesan komunikasi brand, luar-dalam produk atau servis yang ditawarkan, serta bagaimana caranya untuk memuluskan usaha-usaha menjaring audiens.
Agar marketers dapat sukses mengeksekusi riset brand dan riset klien agar tepat sasaran, Conran memberikan empat tips berikut ini:
MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…
MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…
MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…
MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…
MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…
MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…