Perhatikan Tujuh Hal Ini dalam Merancang Siaran Pers

Sepanjang semester pertama 2016, PR Newswire menggelar survey kepada 482 jurnalis di Asia Pasifik, terutama di enam negara kunci seperti Australia, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Taiwan. Survei yang menyoroti kebiasaan para jurnalis dalam memproduksi berita itu menghasilkan sejumlah temuan menarik.

 

Salah satu temuan yang menarik adalah sepanjang media sosial telah menjadi sumber berita popular bagi wartawan, rupanya siaran pers masih dipandang sebagai sumber berita terpercaya, bahkan sumber informasi yang bermanfaat.

 

Tak heran, jika media profesional merasa semakin penting untuk mendiversifikasi kemampuan mereka di era digital. Termasuk, mendiversifikasi pengetahuan dan keterampilan seperti video editing, hingga menciptakan infografis.

Laporan PR Newswire juga menyebutkan bahwa lebih dari separuh responden (62%) menulis sekitar 1-5 artikel berita per minggunya. Sedangkan 71% dari 482 wartawan mengatakan bahwa mereka menerbitkan atau mengedit hingga 20 artikel. Sementara itu, rata-rata lebih dari 48% memerlukan dua sampai lima jam untuk memverifikasi informasi yang telah dikumpulkan. Adapun 20% wartawan mengatakan mereka mampu menyelesaikan verifikasi data dalam waktu satu jam.

Ada tujuh informasi yang membuat wartawan mau melihat, membaca, dan mempertimbangkan siaran pers atau press release sebagai sumber berita mereka. Pertama, 27% wartawan akan melihat siaran pers jika informasi bersifat newsworthy stories. Kedua, 19% akan melihat siaran pers yang menghadiran cerita yang menarik, seperti produk baru, teknologi, dan model bisnis. Ketiga, 14% wartawan akan melihat materi rilis yang menyajikan multimedia, termasuk berbagai gambar atau infografis.

dwi

Keempat, 11% wartawan akan melihat informasi seputar kontak spoke person atau corporate communication dari siaran pers. Kelima, 10% wartawan akan melihat komentar dari ekesekutif perusahaan yang kompeten dan ahli. Keenam, 9% wartawan mengaku melihat informasi seputar isu terkait seperti latar belakang perusahaan dan informasi produk. Ketujuh, 9% wartawan melihat sudut pandang dari tokoh senior di industri terkait.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)