Perkuat Pasar Indonesia, Zippo Masuk Pasar E-commerce

Sebagai upaya mengukuhkan eksistensinya di Tanah Air, perusahaan pemantik legendaris asal Amerika, Zippo, secara resmi membuka exhibition bertajuk “Show Me Your Spark” di Pondok Indah Mall 2, Jakarta, pada Kamis (14/11/2013). Selain itu, sebagai kesiapannya menghadapi 2014, Zippo juga tengah fokus mengembangkan pemasaran digital, antara lain e-commerce dan social media.

David Bruce Warfel (Global Marketing Director Zippo Manufacturing Company), saat media gathering Zippo, Kamis (14/11) di PIM 2, Jakarta.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi Facebook dan Twitter terbesar di dunia. Oleh karena itu, kami melihat besarnya potensi marketing lewat channel digital, antara lain dilengkapi dengan konten seni dan musik. Untuk itu, kami menyelenggarakan exhibition dengan desain unik yang menghadirkan artis-artis lokal,” ungkap David Bruce Warfel, Global Marketing Director Zippo Manufacturing Company.

Menurutnya, saat ini, pasar pemantik di Asia, terutama Indonesia, terus meningkat dengan pertumbuhan industri Year on Year (YoY) mencapai 70%. “Penjualan Zippo di Asia pada tahun 2012 berkontribusi 21 persen, dan di Indonesia menjadi salah satu pemain terbesarnya,” sahut David yang menyebutkan, angka penjualan Zippo di Asia tumbuh 18 persen dibandingkan 2011 silam.

Selain memperkuat branding di Indonesia, Zippo yang dikenal sebagai ikon Amerika danprodusen lighter tahan angin (windproof) juga berupaya memperluas kategori brand-nya ke dalam kategori lifestyle dengan menghadirkan produk-produk seperti jam tangan, parfum dan produk outdoor. Diterangkan David, “Zippo terus berkomitmen untuk mengembangkan bisnis secara global, termasuk di Indonesia,” katanya.

Untuk menunjang pengembangan bisnisnya di pasar Indonesia, Zippo juga tengah menyiapkan strategi branding global lewat sejumlah program public relation (PR), music program (Zippo Encore) yang sudah diadakan di sekitar 20 negara, pengoptimalan social media, online advertising, dan promotion yang terdiri dari print ad, outdoor dan indoor billboard.

Maka, demi menyukseskan exhibition yang diadakan di The Goods Cafe, Pondok Indah Mal (PIM) 2, Jakarta, pada 15 – 17 November 2013 itu, Zippo menampilkan desain lighter yang dibuat oleh Kaka-Slank, Andy-/rif, David-Naif, Tantri-Kotak dan Endah dari Endah 'N Rhesa. Kelima musisi Indonesia tersebut diberi kehormatan oleh pihak Zippo untuk membuat desain lighter versi mereka dan dipamerkan selama exhibition berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)