Standard Chartered Bidik Segmen SME

Pasar Small Medium Enterprises (SME) memang selalu menjadi pasar yang menjanjikan di Tanah Air. Hal itu dirasakan oleh sektor berbankan, salah satunya Standard Chartered Bank Indonesia.

Diterangkan Christopher Dalo, Standard Chartered Group Head of SME Sales Management and Customer Offerings bahwa segmen SME telah tumbuh hampir dua kali laju PDB di sebagian besar pasar. Diperkirakan akan tumbuh sebesar 10-20 persen setiap tahunnya di seluruh cabang Standard Chartered di Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

"Sektor SME merupakan pasar yang potensial di Indonesia. Salah satunya dipicu oleh bertumbuhnya kelas menengah. Oleh karena itu, ambisi Standard Chartered adalah menjadi bank internasional terkemuka untuk sektor SME, serta membangun segmen ini menjadi bisnis multi-miliar dolar dalam dua hingga tiga tahun ke depan," tegas Christopher.

Demi mencapai ambisi itu, Standard Chartered Bank Indonesia menawarkan solusi perbankan bagi segmen SME. Antara lain, lewat pengembangan sebuah platform perbankan online, yang dirancang khusus untuk SME.

"Platform ini menjadi satu-satunya di Indonesia. Selain itu, kami juga menjadi satu-satunya bank yang menyediakan tim spesialis yang didedikasikan untuk mendukung kebutuhan nasabah SME dalam melakukan perdagangan, cash management, FX, asuransi, dan investas," ucapnya.

Paling anyar, awal September ini, Standard Chartered Bank Indonesia meluncurkan produk barunya, fasilitas pinjaman properti komersial dan pinjaman dengan jaminan properti. "Fasilitas ini akan memberi nasabah SME pilihan untuk membiayai pembelian properti bisnis baru mereka atau menggunakan properti mereka yang ada sebagai jaminan untuk pinjaman," tambah Micha Tampubolon, General Manager of SME Banking Standard Chartered Bank Indonesia.

Tahun 2012 lalu, Standard Chartered Bank Indonesia mengalami peningkatan 40 persen untuk penyaluran kredit SME di Indonesia. Tahun ini, target kucuran untuk kredit SME dipatok naik di angka yang sama, 40 persen. Itu artinya, di atas rata-rata penyaluran  kredit SME di Indonesia. "Sampai saat ini, di Standard Chartered Bank Indonesia, baru sekitar 10 persen untuk total penyaluran kredit SME," lanjut Micha.

Diterangkan Sajidur Rahman, Country Head of Consumer Banking Standard Chartered Bank Indonesia, "Kami berbisnis di Indonesia tidak dalam waktu short term, tapi memiliki visi long term. Terbukti, kami sudah beroperasi di Indonesia lebih dari 150 tahun dan menggarap pasar SME sudah dimulai sejak 9 tahun lalu. Diluncurkannya fasilitas atau produk untuk SME ini merupakan bagian dari total solusi Standard Chartered untuk SME di Indonesia. Tentu saja solusi yang kami berikan disesuaikan dengan kebutuhan SME Indonesia."

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)