Strategi Viral Marketing McDonald’s

Sukses memanfaatkan komunitas pada kegiatan marketing di tahun 2014 lalu, McDonald’s Indonesia mencoba menggunakan komunitas di tahun 2015 ini. Jika tahun lalu komunitas dimanfaatkan untuk program Kitchen Tour, maka tahun ini komunitas juga dimanfaatkan McDonlad’s untuk kampanye tahunan “National Breakfast Day”.

McDonald's lancarkan strategi viral marketing McDonald's lancarkan strategi viral marketing

Diungkapkan Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, “Tahun 2014 lalu, kami mencoba melibatkan komunitas dalam menjalankan kegiatan marketing McDonald’s. Antara lain, mengundang mereka untuk program Kitchen Tour. Kami mengundang komunitas para ibu seperti komunitas Mommie Stories dan Save Kids untuk mengikuti Kitchen tour. Kami ingin berbagi pengetahuan kepada mereka bagaimana proses produksi makanan disajikan dengan higienis di dapur McDonald’s. Selain itu, kami juga berdiskusi dengan mereka untuk mencari insight dan menggelar games.”

Tahun 2015 ini, Kitchen Tour kembali digelar. Tak hanya komunitas yang diundang, namun media dan blogger pun diundang untuk pertama kalinya guna mengikuti Kitchen Tour. Kali ini, momentum “National Breakfast Day” dipilih McDonald’s untuk menggelar kembali Kitchen Tour.

“Langkah menggandeng ketiganya (komunitas, media, dan blogger—red) merupakan salah satu upaya kami dalam mengamplifikasi pesan brand McDonald’s sebagai merek yang mengedepankan kualitas dengan proses penyajian menu makanan yang higienis sekaligus berstandard kesehatan,” papar Sutji.

Strategi viral marketing dengan menggandeng komunitas, media, hingga blogger oleh McDonald’s cukup dimaklumi. Lantaran, selama ini stigma negatif tentang makanan cepat saji yang dipersepsi sebagai junk food masih belum bisa luntur di benak konsumen Indonesia. “Kami berharap dengan program open kitchen ini, baik media, komunitas, maupun blogger akan mem-viral pengalaman mereka. Tahun lalu, program ini direspons positif oleh komunitas. Untuk itu, tahun ini kami ingin mencoba lagi dengan media dan blogger,” tambahnya.

Bersama dengan komunitas, tahun ini McDonald’s juga menggandeng komunitas Sepeda Onthel Setoe Babakan dan Honda Doeloe Club. Dalam kesempatan itu, McDonlad’s memberikan sarapan Egg McMuffin jelang acara puncak “National Breakfast Day” hari ini (9/3). Dalam kesempatan itu, McDonald’s juga memberikan donasi kepada kedua komuntias itu, masing-masing senilai Rp 5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)