Trafik Layanan Data Tumbuh 20%, Telkomsel Bangun 776 BTS Baru

Dalam rangka mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru, Telkomsel memperkuat seluruh elemen jaringannya. Untuk itu, Telkomsel menyiapkan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Selain itu, Telkomsel juga membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia.

Combat Telkomsel

Sebanyak 88 unit Combat atau mobile BTS dikerahkan Telkomsel untuk menghadapi lonjakan trafik pada periode Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon). Khusus mal dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 49 titik.

Dikatakan Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel, “Momen Natal dan Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakan momen bagi masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya. Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun.”

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Kami secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan. Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya,” lanjut Bob.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru 2018 ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%. Di samping itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

Selama periode Desember 2018 hingga Januari 2019, Telkomsel juga menggelar beberapa program yang khusus dihadirkan untuk pelanggan. Di antaranya Pesta Akhir Tahun, Paket Data Deal 25 Gb, Paket Smartphone TAU Lite 6, serta Main Game Seru dengan bertransaksi di GooglePlay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)