Unpad, Orientasinya World-Class University

Ekspektasi user terhadap lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan orientasi penting bagi Unpad. Oleh karena itu, sebagai lembaga pendidikan, Unpad senantiasa berupaya mempersiapkan lulusan-lulusannya agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif di lapangan kerja. Demikian diungkapkan Lektor sekaligus Dosen Jurusan Public Relations (PR) Fikom Unpad Suwandi Sumartias kepada MIX dalam satu kesempatan.

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

“Untuk menjawab kebutuhan user atau industri, Fikom Unpad berupaya mencetak lulusan-lulusan yang berkarakter, mandiri, disiplin, memiliki leadership yang unggul, dan mempunyai kemampuan komunikasi lisan maupun tulisan yang baik,” tutur Suwandi.

Dia menambahkan, “Upaya tersebut bukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pasar (user), tetapi juga demi mewujudkan Unpad sebagai World–Class University yang berbasis karakter serta kepribadian yang khas, dan mengedepankan local wisdom.”

Upaya tersebut nampaknya cukup berhasil dalam menghasilkan alumni yang mampu memuaskan user. Setidaknya ini diakui Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau. Menurutnya, sejauh ini, lulusan-lulusan Unpad yang bergabung di Daihatsu tergolong berhasil memenuhi target-target perusahaan, terutama mereka yang memang basic pendidikannya Komunikasi atau Marketing.

“Setiap perusahaan memiliki karakter dan culture yang berbeda. Di Daihatsu dalam setiap perekrutan karyawan pasti ada penyesuaian-penyesuaian. Untuk di divisi saya, lulusan-lulusan Komunikasi atau Marketing Unpad, termasuk SDM yang bisa dididik dengan mudah. Sehingga saat mereka ditempatkan di bidang yang berhubungan dengan media atau social media, mereka bisa langsung mandiri. Bahkan tidak jarang mereka yang memberi input langsung kepada kami,” ujar Rio kepada MIX.

Selain skill yang memadai untuk bisa lolos dalam perekrutan, sebagai salah satu user di Daihatsu, Rio menyatakan bahwa personality juga merupakan faktor utama dan penting untuk menjadi bahan pertimbangan.

“Dalam perekrutan, ekpektasi kami terhadap calon-calon karyawan baru adalah para profesional yang pekerja keras, mandiri, dan memiliki etika. Dan sejauh ini, lulusan-lulusan Unpad yang berada di divisi saya, cukup tough dan tidak gampang menyerah,” pungkas Rio.

Maka, tidak heran jika tahun ini, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung berhasil menempati posisi pertama dalam survei “Indonesia Best Graduate School of Communications & Management versi Majalah MIX 2013,” untuk kategori Best Communication School Terakreditasi A dengan total indeks 8.19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)