Menjadi Autentik #LebihTenang dari Edelweiss Hospital "The Best Brand Activation" Indonesia Brand Communication Championship 2023

MIX.co.id - Menghadapi situasi kemacetan lalu lintas dengan sikap yang autentik, tenang, dan positif sehingga terhindar dari stres saat berkendara, pesan inilah yang ingin disampaikan kepada pengendara lewat kampanye aktivasi bertajuk “Menjadi Autentik #LebihTenang” yang diinisiasi oleh Edelweiss Hospital.

“Menjadi Autentik" juga berarti tidak memendam emosi negatif atau marah pada orang lain karena situasi lalu lintas yang buruk. Sebaliknya, seseorang yang autentik akan menghadapi situasi tersebut dengan kepala dingin, mencari solusi yang terbaik, dan menjaga keseimbangan emosi agar tetap tenang dan bijaksana.

Eksekusi kampanye aktivasi dengan melakukan aksi ke sumber kemacetan, yakni di Gerbang Tol Pasteur dan lampu merah Samsat Soekarno-Hatta, Bandung. Lokasi tersebut berdekatan dengan lokasi rumah sakit Edelweiss Hospital. Bandung menjadi fokus dalam kampanye aktivasi ini karena memiliki tingkat kemacetan lalu lintas yang parah. Kota Bandung menduduki peringkat ke-4 termacet se-Indonesia dan ke-14 se-Asia. Macet dapat memicu kesehatan mental dan emosional pengendara terganggu.

Agar kampanye bergaung dan menjangkau khalayak luas, Edelweiss membuat konten edukasi menarik di socialmedia, seperti “Benarkah macet berpengaruh pada kesehatan mental kita?”. Tidak hanya itu, stiker bertuliskan pesan kampanye seperti “Bandung Macet, Tidak Semua Orang Bisa Liburan” dicetak di kaos, termasuk memberikan cemilan cookies kepada pengendara yang melintas di lampu merah Samsat Soekarno-Hatta dan Gerbang Tol Pasteur.

Uniknya, cookies yang diberikan ke pengendara, pada kemasannya terdapat stiker QR Code untuk mengarahkan pengendara mengikuti tes sehat mental. Tes bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental pengendara, dan membagikan pengalamannya di platform sosial media setelah mengisi tes sehat mental. Kampanye juga melibatkan sejumlah influencer serta media exposure. “Menarik karena bisa mengemas kampanye dengan baik,” begitu komentar para juri.

Kampanye memperoleh result yang signifikan. Hal ini tercermin dari jumlah pengendara (partisipan) yang mengikuti tes sehat mental sebanyak 23.257 partisipan dan meraih Revenue Growth sebesar 26% selama Juli-Agustus 2023. Di ajang Brand Communication & Brand Guardianship Champion 2023, kampanye aktivasi Menjadi Autentik #LebihTenang yang diinisiasi Edelweiss Hospital meraih predikat Excellent pada kategori Brand Activation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)