Sharp Indonesia untuk Kampanye "Sharp Bersedekah"

The Most Creative Brand Communication in Brand Activation Category Program hybrid “Sharp Bersedekah” mendapatkan skor tertinggi dari para juri, dengan nilai 81,00. Target program Sharp Indonesia ini ada dua lapis. Pertama, jurnalis dan key opinion leader, serta pekerja kantoran, sosialita, dan pengguna transportasi publik.

Sharp Bersedekah bertujuan untuk menggerakkan kepedulian masyarakat dengan mengajak bersama-sama berdonasi makanan di bulan Ramadhan. Dalam program tersebut, Sharp meletakkan lemari es di area publik seperti perkantoran, halte bus, hingga pusat perbelanjaan yang dapat diisi makan dari para donatur. Seluruh makanan yang terkumpul kemudian disalurkan kepada Yayasan sosial terdekat dari titik lemari es setelah melalui pengecekan ketat. Untuk menjaga keamanan makanan, di setiap titik kulkas itu juga dipasang CCTV 24 jam.

Mengetuk kesadaran masyarakat bukan perkara mudah di masa pandemi ini, karena sebagian besar orang menjadi enggan berbagi dengan alasan keamanan dan kesehatan diri. Tantangan lain adalah semakin menipisnya kepercayaan masyarakat terhadap berbagai fasilitas umum akibat berbagai insiden publik yang terjadi. Ditambah lagi adanya kebijakan PPKM yang membatasi pergerakan/mobilitas masyarakat.

Tantangan tersebut kemudian berusaha diterobos dengan tiga strategi, yakni memaksimalkan kanal online; menerapkan prinsip waspada, disiplin; dan transparan; serta penempatan kulkas di tempat strategis.

Program launching dikenalkan secara hybrid online dan offline. Digital portal media menjadi target saluran utama yang disasar akurasinya sebagai trust source informasi bagi publik. Guna memaksimalkan pemberitaan secara online, Sharp juga bekerja sama dengan para KOL (Key Opinion Leader) sebagai dukungan persebaran informasi melalui media sosial. Hasilnya, Sharp berhasil meraih total media value sebesar Rp 3,8 miliar yang dihasilkan dari publikasi 65 jurnalis online dan 20 jurnalis offline.

Selain pengawasan protokol kesehatan dengan ketat, program itu juga bisa dikontrol transparansinya oleh para donatur. Mereka bisa melihat situasi anak yatim saat ngabuburit, bahkan bisa ikut berinteraksi langsung saat penyerahan donasi. Untuk on ground activation ini, Sharp berhasil meraih media value lebih dari Rp 1,2 miliar. (Bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)