Platform media sosial menjadi salah satu kanal yang dipilih Smartfren dalam membangun brand engagement dengan pelanggannya. Salah satunya, melalui platform Instagram dengan akun @smartfrenworld. Memiliki 324 ribu followers, Smartfren rutin memposting berbagai program maupun aktivasi merek di Instagram-nya. Mulai dari postingan tentang kuis (games), program WOWconcert, program edukasi, hingga aneka promo.
Pada postingan 22 Juli 2021, Smartfren menyajikan konten video edukasi tentang ajakan untuk tidak berhenti berkarya. Melalui konten video edukasi itu, Smartfren memberikan contoh dari para pelaku kreatif seperti @ferdinan_sule, @cokipardede666, dan @wendicagur yang masih bisa tetap berkarya meski di rumah aja. “Tidak mudah (berkarya di masa pandemi), tapi selalu ada cara untuk menuangkan ekspresi dalam karya,” demikian pesan yang disampaikan Smartfren dan @AdamSaysMusic, selaku partner yang digandeng Smartfren untuk berkolaborasi.
Kampanye video edukasi yang tayang di Instagram Smartfren tersebut berhasil meraih 2.529 views dam 248 komentar. Akun @dhea.puspitasari misalnya, memberi komentar positif tentang postingan tersebut, “Yess betull sekali, bukan berarti #dirumahaja semua terhenti, justru jadikan motivasi untuk berkarya lebih baik lagi.”
Menurut catatan Ivosights, engagement rate dari akun instagram Smartfren yang sudah centang biru pada periode 1-31 Juli 2021, tercatat cukup tinggi jika dibandingkan operator selular lainnya, yakni mencapai 0,34%.
Selain platform media sosial, Smartfren juga tampak masif berkomunikasi melalui website resminya, www.smartfren.com. Merujuk catatan Ivosights melalui tools Ripple10, total visit ke website Smartfren sepanjang 1-31 Juli 2021, mencapai 12.650.000, dengan rata-rata durasi per visit mencapai 1 menit 29 detik.
Hasilnya, performa Smartfren di platform digital, baik media sosial maupun webiste, menjadi yang tertinggi kedua pada periode 1-31 Juli 2021, yakni dengan total indeks 83,77. Untuk itu, Smartfren berhasil meraih penghargaan “The Most Engaged Internet Service Provider Brand 2021”, untuk kategori Mobile Broadband Internet.