Ramadhan dan Lebaran senantiasa menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh para pemasar maupun pemilik merek. Sebab, pada periode itulah tingkat konsumsi dan belanja konsumen Indonesia meningkat. Terutama, untuk kategori ritel fesyen. Peak season tertinggi yang berujung pada penjualan yang berkali lipat terjadi pada momen tersebut.

sency-tarian oke1jpg

Tak mengherankan, jika hampir semua brand menggelar taktik pemasaran dan promosi mereka pada momen Ramadhan dan Lebaran. Tanpa terkecuali, berbagai pusat belanja di Tanah Air, seperti Senayan City. Selain harus menghadapi persaingan dengan sejumlah situs belanja online yang menawarkan promo diskon gila-gilaan, Senayan City—atau yang akrab disebut Sency—juga harus menghadapi persaingan dengan sesame pusat belanja kelas mewah lainnya.

Program “Sacred Holy Ramadhan” yang digelar mulai 24 Mei hingga 17 Juli 2016 mendatang pun dipilih Senayan City untuk menyambut momen Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Diungkapkan CEO Senayan City Veri Y. Setiady, program Sacred Holy Ramadhan menawarkan lima kegiatan utama yang dikemas secara terintegrasi. Mulai dari kegiatan Midnight Shopping Program, Bazaar dan Thematic Program, Sahur and Iftar Program, CSR (Corporate Social Responsbility) Program, dan Social Media Program.

 

#Midnight Shopping Program
Dipaparkan Very, Senayan City kembali menghadirkan pesta diskon tengah malam Midnight Shopping pada 24-26 Juni 2016, lantaran ingin mengulang sukses seperti tahun 2013 lalu. Namun, lanjutnya, Midnight Shopping kali ini menghadirkan sesuatu yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini, kami hadir dengan tema Midnight Shopping Around the Clock 24+1 Over Shopping bersama 250 tenant ternama dan akan hadir selama 26 jam nonstop. Hitungan 26 jam nonstop dimulai pada 25 Juni pukul 20.00 WIB hingga 26 Juni pukul 22.00 WIB,” tuturnya.

 

sency-midnight shopping

Guna mensosialisasikan sekaligus mengkomunikasikan kegiatan tersebut, Senayan City menggelar Press Visit di Main Atrium, Senayan City, pada pertengahan Juni (24/6). Pada kesempatan press visit tersebut, Very menjelaskan bahwa sebagai pusat belanja yang menjadi pionir program belanja tengah malam di Jakarta, pada Ramadhan kali ini, Senayan City kembali menggelar Midnight Shopping selama 26 jam nonstop. Sejatinya, digelarnya kembali program Midnight Shopping dengan tawaran yang berbeda merupakan langkah Senayan City untuk memperkuat brand image-nya sebagai pionir dan terdepan di program Midnight Shopping. Langkah itu cukup dimaklumi, lantaran competitor atau pusat belanja lainnya telah meniru program tersebut.

“Gelaran diskon hingga 80% serta berbagai promo menarik lain telah kami persiapkan. Di antaranya, fasilitas free parking selama 13 jam, hourly midnight surprise, midnight entertainment, serta Find the Golden #SCX sebagai bagian dari perayaan Iconic 10 Years Senayan City. Kami juga menawarkan berbagai hot offer dengan bekerja sama dengan BNI sebagai banking partner program ini,” urai Very.

Pada kegiatan Find The Golden #SCX, ditambahkan Very, pengunjung dapat menemukan tag Golden #SCX pada produk favorit dari tenant yang berpartisipasi, untuk kemudian mendapatkan potongan harga dari produk tersebut. “Pengunjung dapat menemukan tag Golden #SCX pada tenant Salvatore Ferragamo, Furla, Kidz Station, Mango, Mothercare, dan Zara. Dapatkan juga hadiah tambahan sunglass Rayban untuk 2 pemenang untuk postingan kreatif ke akun social media Senayan City dengan menyebutkan The Golden #SCX,” lanjutnya.

sency-Kahitna

Sementara itu, pada kegiatan Hourly Midnight Surprises, pengunjung mendapat kesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik yang diundi setiap jam dengan berbelanja minimal Rp 1.000.000 per struk dan tidak berlaku kelipatan. “Hadiah-hadiah yang diperebutkan setiap jam antara lain sepasang jam tangan Baume Mercier dari InTime, TUMI Luggage, Samsung Galaxy S & Sunglasses Optik Seis, Voucher Precor senilai Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000, voucher Debenhams senilai Rp 2.500.000 hingga Rp 4.500.000, Travel Voucher senilai Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000, voucher menginap di Sofitel Nusa Dua Bali, serta voucher Vietura Bali dan Gift Card Forever Jewelry senilai Rp 5.000.000,” ia menerangkan.

Masih belum cukup, Senayan City juga menggelar “Infinite Card Program”. Sebagai bagian dari loyalty program, pemilik loyalty card Senayan City Infinite Card dapat mengikuti program Infinite Sacred Instant Reward yang berlangsung mulai 3 Juni – 17 Juli 2016. “Selain itu, bagi Infinite Card member juga dapat mengikuti Infinite Top Spender selama Midnight Shopping berlangsung,” tambahnya.

Dengan mitra perbankan, Senayan City juga menggelar Promo Hot Offer BNI. Diungkapkan Very, BNI memberikan berbagai hot offer bagi seluruh pemegang kartu BNI. Mulai dari voucher Senayan City, hingga berbagai penawaran menarik di tenant-tenant yang bekerja sama seperti Camper, Steve Madden, Wakai, Keds, Clarks, Charles & keith, The Body Shop, J.Co. St. Marc Café, dan Cold Stone untuk setiap transaksi yang menggunakan kartu kredit BNI. “Para pengunjung juga bisa menukarkan BNI Reward Point selama Midnight Shopping untuk mendapatkan Senayan City voucher,” tukasnya.

 

sency-very setiadi

#Bazaar dan Thematic Program
Berbagai gelaran program tematic dan bazaar juga turut mengisi Sacred Holy Ramadhan Senayan City. Di antarany, Ramadhan Thematic Exhibition pada 13 Juni-13 Juli 2016 di Lower Ground Floor; Muslim Market pada 23-26 Juni 2016 di The Space; Bazaar Hush Puppies pada 27 Juni-2 Juli 2016 di The Hall lantai 8 Senayan City; Bazaar Transfashion pada 20-25 Juli 2016 di The Hall lantai 8 Senayan City; dan School Holiday Program pada 17 Juni-31 Juli 2016.

“Tidak hanya program belanja, kami juga menghadirkan program yang diperuntukkan bagi anak-anak yang bekerja sama dengan Ganara Art Studio & Co. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak diberikan wadah untuk mengeksplorasi diri dengan mempersembahkan beberapa program anak, antara lain Evening Art Workshop, Painting Class, Fun Fabric Art Playdate, dan Crafty Clay Workshop,” ujarnya.

 

#Sahur and Iftar Program
Menariknya, ketika berbelanja Midnight Shopping, pengunjung berkesempatan mendapatkan voucher sahur senilai Rp 100.000. Sejumlah tenant yang berpartisipasi di antaranya Bakmi GM, Bamboo Dimsum, Baso A Fung, Brewerkz, Bonfrancais, Coffee Club, Chicken Story, Dapoer Podjok, Dante Coffee, Domino’s Pizza, Doner Kebab, D’Crepes, Fiesta Steak, Foodism, G.B Bistro, Haagendazs, J.Co, JJ Royal Bistro, Kafe Betawi, KFC, Koffie Warung Tinggi, KOI, Mie Laikker, Nan Xiang, Okirobox, Portico, Remboelan, Saboga, Sari Ratu, Simply, Starbucks, St. Marc Coffee, Takigawa, Tous Les Jours, Urban Kitchen, Wendy’s, dan Yoshinoya.

sency-CSR-3

Sebelum Sahur at The Mall, Senayan City juga menggelar Sacred Holy Ramadhan Tajil Bar yang digelar setiap hari sepanjang Ramadhan. Program tersebut bekerja sama dengan beberapa tenant restoran yang ada di Senayan City. “Tajil Bar ini diberikan secara cuma-cuma mulai pukul 17.30 setiap harinya selama bulan Ramadhan di Musholla Executive dan Infinite Club Lounge, LG Floor. Senayan City juga menyediakan Macaroon dari JJ Royal setiap harinya bagi pengunjung yang menjalankan ibadah puasa di di Customer Service Counter di Lobi Utama dan Lobi Selatan,” tandasnya.

Terkait ibadah, Senayan City juga menggelar Taraweeh & Ramadhan Lecture setiap hari selama Ramadhan. Fasilitas tersebut, kata Very, disediakan bagi pengunjung yang tetap ingin menjalankan ibadah selama berkunjung di Senayan City. Pengunjung dapat mengikuti shalat Tarawih dan Ceramah Ramadhan setiap harinya di Executive Mushalla, LG floor.

Belum cukup, Senayan City juga menawarkan Iftar Reservation setiap hari selama Ramadhan. Taawaran itu diberikan kepada pengunjung sebagai fasilitas untuk melakukan reservasi bagi pengunjung yang akan berbuka puasa di Senayan City. “Pengunjung cukup menghubungi call center Senayan City di nomor telepon 7278 1000 untuk melakukan reservasi di berbagai restoran favorit yang ada di Senayan City,” terang Very, yang menyebutkan bahwa Senayan City juga menggelar Live Bedug & Bedug Show Collaboration setiap hari selama bulan Ramadhan.

 

sency-CSR

#CSR Program
Serangkaian kegiatan sosial juga dilakukan oleh Senayan City pada program “Sacred Holy Ramadhan”. Di antaranya, buka puasa bersama 600 anak yatim di The Hall Senayan City bekerja sama dengan Jakarta With Love serta pembagian 443 paket sembako bagi warga Grogol Selatan yang berada di sekitar Senayan City. “Selain itu, kami juga melakukan visit dan buka puasa bersama dengan anak-anak asuhan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI),” imbuhnya.

 

#Social Media Program

Selain aneka diskon dan fasilitas, dekorasi dan ambiance yang menarik tentu saja menjadi salah satu daya pikat pengunjung untuk mengunjungi sebuah pusat belanja. Oleh karena itu, Ramadhan tahun ini, Senayan City menghadirkan Sacred Holy Ramadhan Decoration & Customer Service Uniform. Dipaparkan Very, dekorasi Ramadhan tahun ini menampilkan seni kaligrafi karya Felix Tjahyadi dan MATA Studio yang tersebar di lobi utama, Main Atrium lantai 1, Customer Service Counter lobi utama dan Selatan, serta railing bangunan maupun instalasi yang terletak di Ground Floor.

“Inspirasi dekorasi didapat dari esensi kegiatan Tawaf di tanah suci dan karya pelukis A.D. Pirous. Pembubuhan kaligrafi Arab dan dekonstruksi elemen geometris digunakan sebagai elemen dekoratif utama yang didukung oleh lighting show oleh Lightworks Jakarta. Konsep suci dan murni diartikan secara tersirat melalui suasana kebersamaan dan pancaran energi yang mengingatkan kita pada kebesaran Allah SWT,” tuturnya.

Taktik viral lewat social media pun dimanfaatkan Senayan City untuk mengamplifikasi keistimewaan dekorasi tersebut. Diuraikan Very, “Para pengunjung dapat berfoto di depan instalasi yang berada di Main Atrium lantai 1 atau lantai dasar dan meng-upload foto mereka ke Instagram dengan hashtag #SCsacredramadhan untuk memenangkan hadiah menarik dari Senayan City.”

Selain itu, Senayan City juga mengajak pengunjung untuk mengikuti program Turban Style Competition yang merupakan hasil kolaborasi dengan Debenhams. “Caranya, pengunjung cukup dengan follow instagram @senayancity dan twitter @senayancity dan upload foto kreasi turban style mereka dengan hastag #RUNFORHIJABSTYLE. Program tersebut berlangsung pada 24 Juni 2016 pukul 20.00 – 21.00 WIB.