Prominent PR in the Longterm Trust Achievements

Tim Prominent PR

Dalam 25 tahun perjalanannya, Prominent telah menjadi bagian dari keberhasilan strategi komunikasi berbagai klien besar yang terjalin dalam jangka panjang.

Simaklah portofolio klien berikut ini. AKRLand untuk kerjasama selama 8 tahun, Microsoft (3 tahun), North Sulawesi Tourism Board (6 tahun), dan PLN (4 tahun). Bahkan untuk PLN, Prominent sempat melakukan presentasi program #energioptimisme di forum komunikasi international yang diselenggarakan di Amerika Serikat pada tahun 2019.

Sebelumnya, agency PR ini juga dipercaya untuk memegang kendali Marketing & Promotion North Sulawesi Tourism Board (2009-2015) dan sukses mengawal program PR Wismilak (melalui Diplomat Success Challenge). Mereka juga sempat memegang PR-ing Jakarta International Container Terminal, dan masih ada belasan klien besar lainnya.

Prominent adalah konsultan PR yang menawarkan jasa publikasi, digital communication, activation, communication training dan stakeholder relations. Menurut Ika Sastrosoebroto, sang Presiden Direktur, tiap klien memiliki target pencapaian berbeda atas jasa mereka. Namun dari sisi Prominent, kesempatan dari klien untuk beriringan jalan dalam jangka panjang, memberi bukti tentang pencapaian “trust” dari para klien.

Tak sekadar pencapaian melalui PR Value yang terukur secara kualitatif, di masa disrupsi ini Prominent juga berhasil membuktikan bahwa komunikasi bisa memberi kontribusi bernilai rupiah sebagai “outcome” program. Hal ini mereka buktikan dalam melalui metode “Internal Key Opinion Leader (KOL)” untuk kanal media social, yang mereka tawarkan dan terapkan dalam strategi komunikasi beberapa klien korporat.

Prominent juga mendapatkan portofolio unik dan penuh tantangan ketika mendapatkan tugas untuk mempersiapkan Employer Branding di tahun 2019. Dalam proyek tersebut, mereka harus merumuskan sebuah metode perekrutan calon pegawai yang mengolaborasikan berbagai keahlian dan aktivasi, yaitu Human Capital Management dan Public Relations. “Semua ujung-ujungnya juga kembali kepada target pencapaian korporasi itu sendiri,” tegas Ika.

Bagaimana Prominent bertahan di tengah dinamika disrupsi teknologi informasi dan pandemic covid-19 yang menjadi tantangan besar di lansekap industri komunikasi pemasaran saat ini?

Menurut Ika, mereka bisa bertahan sejauh ini justru karena fokus dan konsisten di bidang spesialisasi public relations. Sedangkan untuk turunan pekerjaan lainnya, mereka memilih berkolaborasi dengan banyak profesional. “Bukankah ini era kolaborasi? Dan justru dengan tim yang langsing dengan bobot padat, kami bisa bergerak cepat, luwes dan profesional,” tambahnya.

Prominent PR digawangi oleh para senior seperti Ika Sastrosoebroto, Shinta Soetardjo, Burhan Abe, Nonie Mariani dan Susilowati Natakoesoemah dengan dukungan tim lainnya. Kendati diisi para senior, tim ini selalu terlihat penuh energi ketika mengeksekusi proyek klien.

Suasana ini bisa terwujud karena Ika dkk sudah berhasil menciptakan kultur bahwa mereka bukan sekadar bekerja tapi “It is games and fun! Kalau bekerja, konotasinya ada bos dan karyawan, ada penguasa ada pekerja yang bisa jadi merasa tertekan. Tapi kalau game, kami semua merasa fun, happy, full of challenging, fair sehingga bangun pagi pun langsung semangat untuk bekerja dedikatif dan tetap bertanggungjawab,“ papar Ika.

Terkait proses regenerasi, ada satu pesan krusial yang ingin mereka sampaikan kepada para junior dari kalangan gen milenial dan Gen Z. Yaitu pemahaman bahwa “berita bagi PR = apa yang ingin dipersepsikan”. Oleh karena itu, perlu pendalaman untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Menurut Ika, the wisdom recommendation untuk para klien hanya bisa didapatkan melalui info hasil pengolahan data, yang harus dipahami sebagai knowledge, agar bisa menghasilkan insights yang tepat.

Googling satu jam lalu merasa ahli adalah illusion of knowledge. Itu bukan data final yang bisa diberikan kepada klien. Mereka ‘membayar’ kita bukan sekadar untuk memelototin internet dan menyusun strategi berdasarkan usulan dan data semata,” tegasnya.

website: www.prominentpr.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)