10 Stretegi Membidik Gen Z di Instagram

Sebagai generasi termuda, Gen Z yang lahir setelah 1995 tercatat menjadi pasar masa depan bagi brand. Gen Z adalah juga generasi pertama yang lahri saat komputer (PC), ponsel, dan internet sudah ada di mana-mana. Pendeknya, mereka adalah generasi yang benar-benar digital minded.

Salah satu platform digital yang paling digandrungi oleh generasi Z adalah Instagram. Merujuk laporan The Drum, Gen Z secara teratur menggunakan Instagram. Oleh karena itu, para pemasar yang tengah mengincar Gen Z sebagai target marketnya, perlu memahami betul karakter Gen Z di Instagram.

Deep Patel dalam artikelnya yang dirilis di Forbes.com, mengungkapkan bahwa ada 10 tips yang dapat dilakukan pemasar untuk memanfaatkan Instagram sebagai kanal pemasaran pada Gen Z.

#1 Wawancarai Pelanggan Gen Z
Seperti halnya demografis, pemasar harus terlebih dahulu menciptakan buying persona yang membantu setiap orang di perusahaan untuk lebih memahami target pelanggan. Jika Gen Z benar-benar menjadi pelanggan yang disasar oleh brand, maka masuk akal bagi tim pemasaran untuk mewawancarai pelanggan dan Gen Z yang prospektif guna memahami susunan demografi dan psikografis mereka.

Ada banyak hal yang dapat diperoleh dari hasil wawancara dengan Gen Z. Pertama, dapat membantu mengetahui minat pelanggan Gen Z saat mereka berbelanja produk atau layanan yang serupa dengan merek yang Anda wakili. Termasuk, mengetahui apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan mereka? Kapan mereka biasanya tertarik untuk membeli produk atau layanan? Apa harapan mereka terhadap proses pembelian? Kedua, pemasar harus memahami bagaimana pelanggan Gen Z ingin mengkonsumsi informasi. Apakah anggota Gen Z menggunakan Instagram untuk menemukan atau mencari produk baru, atau apakah mereka menggunakan Instagram untuk meneliti produk yang telah mereka temukan melalui saluran lain (atau keduanya)?

#2 Gunakan Instagram Stories
Menurut sebuah survei yang dirujuk dalam Social Media Week, 78% responden mengatakan bahwa mereka menggunakan Snapchat setidaknya sekali sehari. Selanjutnya, 88% responden mengatakan mereka menggunakan Snapchat untuk tetap berhubungan dengan teman. Lantas, apa hubungannya Snapchat dengan Instagram?

Instagram Stories adalah fitur yang berasal dari mekanisme Snapchat. Itu artinya, Gen Z yang juga pengguna Instagram cenderung menggunakan Instagram Stories, karena mirip dengan bagaimana mereka menggunakan Snapchat. Bagi merek yang tertarik untuk terhubung dengan pelanggan Gen Z atau Gen Z yang prosepektif, maka menggunakan Instagram Stories bisa menjadi cara yang efektif untuk tetap terhubung dengan mereka.

#3 Bereksperimen dengan Video Instagram
Sebuah laporan dari Defy Media menunjukkan bahwa 50% responden Gen Z tidak dapat hidup tanpa YouTube. Bagi merek yang tengah mengincar Gen Z lewat kanal Instagram, maka masuk akal untuk mempertimbangkan membuat konten video di Instagram. Misalnya, merek seperti GoPro (salah satu produk favorit di Gen Z) yang cukup banyak menyajikan konten video di Instagram.

#4 Investasi di Instagram Analytics
Tanpa memahami bagaimana kinerja Instagram, akan sulit bagi pemasar untuk mengetahui apakah kanal Instagram berkinerja baik. Sementara Instagram menawarkan beberapa fitur analisis, maka ada sejumlah platform Instagram Analytics dari pihak ketiga yang dapat membantu pemasar saat mencoba mendekatkan diri dengan Gen Z. Sejatinya, berinvestasi dalam alat analisis Instagram akan membantu tim pemasaran membuat konten yang benar-benar efektif untuk pengikut Gen Z.

#5 Berkolaborasi dengan Gen Z Influencer
Temuan yang dirujuk dalam Axios menyoroti betapa berbedanya Gen Z influencer dari selebriti yang popular dengan generasi lainnya. Gen Z Influencer terkenal antara lain Amandla Stenberg (dibuat terkenal oleh penampilannya di The Hunger Games) dan Shawn Mendes (penyanyi YouTube yang popular). Menemukan seorang influencer yang memiliki pemirsa Gen Z juga dapat membantu merek terhubung dengan Gen Z.

#6 Buat Konten Web Perusahaan Berformat Mobile

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)