Anteraja Mengusung Corporate Value “SATRIA”

Perusahaan logistik yang satu ini tergolong pemain baru, karena baru dua tahun beroperasi. Meski begitu, kinerja usahanya patut diacungkan jempol. Itulah Anteraja, perusahaan rintisan (startup) logistik di bawah bendera PT Tri Adi Bersama, yang merupakan anak usaha PT Adi Sarana Armada.

Sejatinya, catatan positif kinerja Anteraja didukung oleh meningkatnya transaksi melalui e-Commerce selama masa pandemi Covid-19. Sepanjang tahun 2020, volume pengirimannya rata-rata mencapai lebih dari 300 ribu paket per hari. Jumlah itu meningat tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun 2019, yang hanya mencapai 100 ribu paket per hari.

Menurut CEO Anteraja Suyanto Tjoeng, perkembangan teknologi dan meningkatnya minat masyarakat dalam berbelanja secara online, memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja Anteraja. "Di tahun 2021 ini, kami berharap kinerja Anteraja dapat terus meningkat, dan mencapai target pengiriman lebih dari 500 ribu parcel per hari," ujarnya.

Sumber daya manusia (SDM) diklaim menjadi faktor utama untuk meraih kinerja positif. Anteraja saat ini memiliki lebih dari 10 ribu SATRIA yang tersebar di Indonesia. SATRIA merupakan nilai-nilai yang menjadi pedoman oleh kurir Anteraja, yang berarti Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas dan Amanah. Nilai-nilai tersebut menjadi bagian terpenting bagi kurir Anteraja untuk selalu memberikan pelayanan terbaik.

Layanan Anteraja meng-cover seluruh ibu kota provinsi, dengan lebih dari 600 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun ini perusahaan akan fokus memperluas titik layanan ke wilayah luar Pulau Jawa. Layanan di Pulau Jawa sekarang ini telah menjangkau hingga kecamatan.

Anteraja terus melakukan ekspansi ke pasar e-commerce. Setelah hadir untuk melayani di Tokopedia, BliBli.com, dan Shopee, kini Anteraja merambah ke Bukalapak. Bahkan, Anteraja juga mengandeng dompet digital DANA untuk memudahkan pengguna dalam pembayaran.

Kemitraan dengan Bukalapak memungkinkan pengguna dan pelapak bisa melakukan order pengiriman sesuai dengan jenis layanan pengiriman yang diinginkan. Ada tiga pilihan layanan, yakni Regular dengan estimasi waktu 2-5 hari, Next-Day untuk waktu selang satu hari, dan layanan Same-Day (tiba di hari yang sama).

Tidak berhenti sampai di sini. Anteraja juga bermitra dengan PT Angkasa Pura II untuk meluncurkan Travylite, layanan untuk penumpang pesawat yang memiliki kelebihan berat bagasi. Layanan Travylite mulai beroperasi sejak 21 Oktober 2020 di Terminal 2E keberangkatan domestik Bandara Soekarno-Hatta.

Sejumlah program promo di-create Anteraja untuk meningkatkan volume pengiriman barang. Pada Februari 2021 umpamanya, Anteraja memberi apresiasi kepada penjual di toko daring Shopee dengan menyelenggarakan program cashback dan hadiah voucher jutaan rupiah.

Terkait dengan pandemi Covid-19, Anteraja menggelar program corporate social initiative, yakni memberikan gratis ongkir untuk donasi alat-alat kesehatan dan perlengkapan penanganan Covid-19.

Hasilnya, Anteraja  berhasil meraih dua penghargaan “Indonesia Most Engage Delivery Services Brand 2021” yang digelar Majalah MIX. Pada kategori Kurir Parcel, Anteraja berhasil menempati peringkat kelima, dengan nilai indeks 82.20. Sementara itu, pada kategori Ekspedisi, Anteraja berhasil menempati peringkat ketiga, dengan nilai indeks 84.60.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)