RPX Tetap Adaptif di Masa Pandemi

RPX Group adalah salah satu perusahaan logistik yang berhasil mengambil keuntungan dari fenomena disrupsi dan VUCA. Sebelum masa pandemi Covid-19, perusahaan penyedia layanan ekspress dan solusi logistik terpadu tersebut senantiasa mencatatkan pertumbuhan bisnis yang signifikan, lantaran didorong pesatnya transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) dalam beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimana dengan pertumbuhan bisnis di masa pandemi? General Manager E-commerce RPX Group Asep Purwairawan memaparkan, dalam festive season Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2020, RPX Group berhasil mencatat kenaikan pengiriman barang ritel tiga kali lipat yang terus bertahan hingga akhir tahun.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang banyak berupa produk fesyen, paket yang dikirim pada momentum 11.11 lebih didominasi produk oleh paket elektronik seperti mesin cuci, AC, TV, serta elektronik rumah tangga lainnya. Dominasi paket elektronik tersebut merupakan efek dari imbauan pemerintah agar masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, sehingga mereka memiliki banyak waktu untuk melakukan renovasi seperti mengganti barang elektronik di rumah. Selain itu, masyarakat juga memerlukan berbagai perangkat elektronik tersebut dalam menunjang kegiatan selama di rumah saja.

Layanan RPX memang tergolong lengkap, karena meliputi berbagai aspek seperti pengiriman ecommerce, domestik, internasional, gudang logistik, gudang transit, enabler, kepabeanan dan PAS Hand Carry. Menghadapi persaingan, RPX intensif mengembangkan roda bisnis melalui channel marketing and communication, khususnya digital marketing. Strategi secara online dan offline merupakan hal esensial sejalan pertumbuhan perusahaan.

Salah satu terobosan yang dilakukan RPX agar bisa adaptif pada situasi VUCA dan era disruptif adalah menyediakan layanan e-logistics dan e-warehouse, serta layanan lainnya. Selain itu, untuk menjawab tantangan waktu tunggu pengiriman, RPX juga menyediakan layanan PAS, yakni Paket Ambil/Antar Suka-Suka. PAS merupakan bentuk layanan bagi shoppers saat menerima paket setelah berbelanja online, yang memberikan kemudahan jasa pengantaran paket melalui toko. Pilihan layanan ini menawarkan flexibilitas karena paket bisa diambil kapan saja dan di toko mitra RPX mana saja.

Berkat strategi itu, tahun ini, RPX berhasil meraih penghargaan “Indonesia Most Engage Delivery Services Brand 2021” dari Majalah MIX. RPX berhasil menempati peringkat kelima untuk kategori Logistik, dengan nilai indeks 72.42. (Bintari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)