Begini Cara KidZania Mengedukasi Para Brand Ambassador-nya

Salah satu peran brand ambassador adalah mengkomunikasikan produk atau layanan yang mereka wakili kepada publik. Sejatinya, seorang brand ambassador atau duta merek tak semata berperan sebagai komunikator, namun idealnya, mereka juga harus menggunakan produk atau layanan yang diusungnya. Dengan demikian, sang brand ambassador akan secara natural menjawab setiap pertanyaan publik. Dan, sekali lagi, brand ambassador tak harus seorang selebritis.

Hal itulah yang disadari betul oleh KidZania. Edutainment theme park yang mengusung konsep belajar fun dan experiential itu, sejak awal sudah memilih anak-anak yang pernah merasakan langsung permainan KidZania sebagai brand ambassador-nya. Para brand ambassador itu tergabung dalam KidZania Congrezz.

Dijelaskan Dada Sabra Sathila, Marketing Communication Manager KidZania Jakarta, para brand ambassador yang tergabung dalam KidZania Congrezz terdiri dari anak-anak usia 7 hingga 15 tahun. "Mereka dipilih berdasarkan prestasi akademik maupun non akademik. Pada angkatan ke-6 ini, ada 14 anak yang terpilih dan memiliki masa bakti selama dua tahun, 2016 hingga 2018," ujarnya.

KidZania dengan konsep negara dalam kota KidZania, ditambahkan Chief Operation Officer KidZania Ilham Firdaus, memiliki anggota DPR yang dinamakan KidZania Congrezz. Sebagai anggota dewan legislatif KidZania sekaligus brand ambassador, sudah menjadi tugas Congrezzkid--sebutan untuk setiap anggota KidZania Congrezz--untuk menggelar sidang Congrezz dan melakukan diskusi tatap muka dengan para tokoh negara. Objektifnya, menghasilkan rumusan undang-undang atau laporan yang bermanfaat bagi pendidikan anak Indonesia.

"Congrezzkid terdiri dari enam komisi, yakni komisi pendidikan, sosial, kesehatan, keamanan, ekonomi, dan komunikasi. Mereka bertugas melakukan sidang setiap tiga bulan sekali. Sidang dapat digelar di luar dengan berkunjung ke instansi pemerintahan. Dengan demikian, mereka dapat belajar langsung tentang leadership maupun tata kelola pemerintahan," papar Ilham.

Hari ini (15/3), manajemen KidZania mengajak Congrezzkid untuk bersidang di luar, dengan mengunjungi kantor Kementerian Sekretariat Negara, di Jalan Veteran-Jakarta, tepatnya di ruang Paripurna yang biasa digunakan untuk sidang paripurna bersama presiden. Pada sidang Congrezz ketiga itu, ke-14 brand ambassador KidZania memperoleh pengetahuan sekaligus tanya-jawab seputar pemerintahan langsung dari staf kementerian setingkat Deputy.

Dilanjutkan Sabra, 14 Congrezzkid angkatan ke-6 ini terpilih dari 500 anak-anak se-Jabodetabek yang mendaftar di program KidZania Congrezz. Angka itu menunjukkan kenaikan jika dibandingkan periode sebelumnya, yang hanya diikuti oleh 250 anak. "Mereka yang terpilih sebagai Congrezzkid memperoleh banya benefit. Antara lain, gratis bermain di KidZania selama dua tahun, diundang di setiap grand opening establishment baru, diundang di berbagai acara KidZania, melakukan sidang Congrezz, hingga menjadi pemeran di video web series KidZania," terangnya.

Harapannya, dikatakan Sabra, para brand ambassador yang mendapatkan brand experience selama menjadi Congrezzkid mampu menjadi agen yang memviralkan KidZania kepada teman-teman mereka. Sejatinya, anak-anak lebih percaya jika peers yang merekomendasikan sesuatu kepada mereka.

Efektivitas program KidZania Congress ditandai dengan program tersebut yang terus berlangsung hingga sekarang. Bahkan, animo anak-anak yang ingin berpartisipasi di program tersebut terus meningkat setiap periodenya. "Sampai saat ini, setiap harinya rata-rata ada 1.500 anak yang mengunjung KidZania," tutup Sabra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)