Langkah Sasa Mengubah Stigma Negatif Melalui Kampanye "Generasi Micin"

Monosodium Glutamat (MSG) masih dinilai negatif oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, stigma tersebut hingga kini masih melekat erat di benak konsumen Indonesia. Hal itu disadari betul oleh PT Sasa Inti, produsen Sasa atau akrab disebut Micin, yang juga dikenal sebagai pionir untuk produk MSG.

Setali tiga uang dengan produknya, generasi yang menyandang predikat micin pun kerapkali dinilai negatif. Dikatakan Albert Dinata, GM Marketing PT Sasa Inti, "Generasi micin sering dianggap negatif oleh masyarakat, karena generasi ini dipersepsi sebagai generasi yang ingin segala sesuatunya instan dan cepat yang tidak menghargai proses. Bahkan, generasi yang dianggap melawan aturan yang ada."

Padahal generasi micin yang identik dengan  generasi millenial, menurut Albert, sedang beradaptasi terhadap perubahan jaman yang ada. "Perubahan-perubahan terjadi dengan sangat cepat dan mereka hanya ingin berperan serta lebih bebas dan berani dalam menjalani hidup dengan segala tantangan yang ada," ucapnya.

Sama seperti generasi micin, diakui Albert, MSG juga masih sering dianggap negatif oleh kebanyakan orang. Stigma negatif tersebut diakibatkan karena adanya kesalahpahaman yang ada di kalangan masyarakat.

"Sudah cukup lama kesalahpahaman ini tidak disertai penjelasan yang berimbang akan MSG itu sendiri. Padahal, MSG itu aman dikonsumsi asal sesuai dengan takaran. Dan yang menyatakan keamanan itu adalah dari lembaga kredibel, baik secara Internasional seperti FDA, European Community, maupun nasional Indonesia sendiri seperti Permenkes, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), dan diperkuat oleh sertifikasi Halal yang diberikan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia)," paparnya.

Sementara itu,  dikatakan Albert, Sasa juga peduli terhadap generasi micin yang saat ini merupakan generasi masa depan. "Kami ingin mendukung mereka untuk bisa lebih berperan aktif dan mendapat dukungan positif dari masyarakat. Oleh karena itu, pada akhir Januari ini, Sasa meluncurkan kampanye Generasi Micin," ujarnya.

Melalui kampanye itu, ditegaskan Albert, Sasa MSG ingin meningkatkan engagement dan familiarity kepada generasi millenial dan menjadi brand yang memberikan aspirasi sekaligus inspirasi bagi mereka. "Kampanye Generasi Micin akan hadir dalam integrated marketing campaign yang mencakup all media channel, seperti Iklan TV, social media dan digital, cineplex, radio,  brand activation (aktivasi merek), dan juga pada level store untuk mendukung pada sisi road to market," paparnya.

Diluncurkan sejak akhir Januari 2020, kampanye Generasi Micin  akan diikuti dengan rangkaian kegiatan selama dua hingga tiga bulan ke depan untuk mendukung peluncuran  kampanye Generasi Micin, yang dikemas lewat event  besar, konser “Micin Social Geng”. Event tersebut akan diselenggarakan pada 21 Februari 2020 mendatang, dengan menampilkan Sheila on 7, Isyana Sarasvati, Dipha Barus dan Kallula, Monica, dan MC Ronald Tike.

Diungkapkan Albert, "Respon dari penayangan iklan Sasa Generasi Micin sangat positif, keren, dan luar biasa. Bahkan, Out of the Box dan tidak nyangka. Itu adalah respon spontan yang paling umum diungkapkan oleh mereka setelah melihat penayangan iklan Sasa MSG Generasi Micin. Karena, biasanya iklan bumbu masak adalah yang berhubungan dengan aktivitas memasak di dapur."

Tapi, menurut mereka, iklan Sasa MSG lebih menggambarkan lifestyle dari target konsumen, karena Sasa ingin menawarkan konsumen sesuatu yang Beyond Product. "Hal yang paling membahagiakan bagi kami adalah apresiasi yang tinggi dari masyarakat yang tercermin dari banyaknya statement yang menyatakan bahwa iklan itu 'gue banget', 'I’m proud to be part of Micin Generation', 'this is me', dan masih banyak lagi comment serupa," tutur Albert.

Tak hanya komentar positif, video kampanye Generasi Micin juga berhasil menyedot perhatian penonton. Hanya dalam tempo satu minggu, diklaim Albert,  jumlah penonton video kampanye Generasi Micin sudah tembus tiga juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)