Mengelola brand rokok memang tak semudah membesut produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Ada sejumlah regulasi yang membatasi brand dalam menggelar kampanye komunikasi. Oleh karena itu, para pemasar rokok dituntut untuk lebih kreatif menjawab tantangan tersebut. Dan, media digital menjadi salah satu kanal komunikasi yang tercatat efektif dalam mem-branding produk rokok.
Gudang Garam International misalnya, memiliki platform digital Intersport.id sebagai wadah berkomunikasi dengan publik. Meski tercatat sebagai merek heritage yang telah hadir sejak tahun 1979 silam, langkah membangun brand engagement tetap perlu dilakukan Gudang Garam International. Salah satunya lewat platform digital.
Dijelaskan Brand Manager Gudang Garam International Kent Rusli, platform digital tersebut awalnya bernama ggintersport.com yang berkonten sepak bola. Tahun ini, Gudang Garam International memutuskan untuk melakukan rebranding menjadi Intersport.id dengan 90% kontennya berfokus pada olahraga bermotor. Sedangkan sisanya, akan berisi konten sepak bola.
“Kami terus berupaya untuk meningkatkan pengalaman konsumen dan penggemar kami. Sekarang ini, pemasaran konten adalah kunci penting dalam membangun hubungan dengan konsumen. Kami berusaha untuk mencari titik kecintaan baru yang dimiliki oleh konsumen kami dan menciptakan pengalaman menyeluruh untuk mereka," ujar Kent terkait objektif dari rebranding platform digital Gudang Garam International.
Ke depannya, lanjut Kent, Gudang Garam International berencana untuk meningkatkan standard olahraga bermotor di Indonesia. "Kami akan terus mengembangkan dan menemukan bakat lokal baru di dunia ini. Platform ini juga sejalan dengan nilai dan personaliti Gudang Garam International, yakni mengajak para 'pahlawan' dalam kehidupan sehari-hari yang berani mengambil resiko dan mencari tantangan serta sensasi di setiap lingkup kehidupan. Meskipun demikian, situs ini sangat netral dan menawarkan hiburan menarik untuk para penggemar dan pengikut kami," tegasnya.
Intersport.id adalah platform olahraga otomotif pertama di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan kecintaan akan olahraga bermotor di tanah air. Situs baru ini diluncurkan dengan fitur yang memudahkan pengguna telepon pintar, di mana pengguna bisa bermain-main dengan giroskop telepon pintar dan memberikan pengalaman menyeluruh saat melihat konten hanya dengan menggerakkan ponsel layaknya sedang menyetir. "Aplikasi ponsel Intersport.id dan permainan ponsel akan diluncurkan dalam dua bulan mendatang," kata Kent.
Ditambahkan Anish Daryani, CEO Phibious Indonesia--agensi yang dipercaya Gudang Garam International untuk menangani platform digitalnya, "Merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk bisa bermitra dengan Gudang Garam dalam perjalanan ini. Kami telah membangun kredensial di lingkup pemasaran konten, dan proyek ini merupakan kanvas untuk menunjukkan inovasi dan kreativitas kami."
"Situs ini memiliki UX yang telah berevolusi dan memberikan pengalaman menyeluruh agar para pengguna benar-benar merasa bagaikan berada di kursi pengemudi mobil balap. Pengalaman unik ini akan sangat memengaruhi audiens kami dalam menumbuhkan kecintaan akan olahraga bermotor dan sangat sesuai apabila dilihat dari sudut pandang perkembangan budaya di masyarakat," yakin Anish.
Pada kesempatan itu, ditandaskan Anish, Gudang Garam International juga meluncurkan kampanye #LiveForSpeed. "Ke depannya, kami akan meluncurkan aplikasi untuk android dan iOS serta permainan balapan dan drifting untuk ponsel," tutupnya.