TELKOMSEL, 25 Tahun Mengawal Teknologi Digital Indonesia

Ini tentang perjalanan brand pionir industri GSM Indonesia yang kemudian menjadi salah satu operator seluler terbesar di dunia. Pada 2012 Telkomsel memiliki 125 juta pelanggan. Inovasi produk dan perluasan jaringan yang konsisten menjadi kunci sukses utamanya.

Perjalanan Telkomsel selama dua puluh lima mengawal adopsi teknologi digital di Indonesia secara umum dibagi ke dalam tiga babak atau tiga milestone, yaitu Periode Penetrasi pada 1993-1999, lalu Periode Ekspansi—temasuk ke wilayah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal) di Indonesia, dan terakhir Periode Akselerasi Produk dan Layanan.

Periode Penetrasi terjadi pada 1993-1999, yaitu diawali oleh PT Telkom Indonesia yang merumuskan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler di Tanah Air. Setahun kemudian, Telkomsel lahir sebagai salah satu produk PT Telkom. Baru pada 1995, Telkomsel GSM resmi menjadi perusahaan dengan nama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Periode Ekspansi terjadi pada tahun 2000 hingga 2009 yang diawali dengan pengenalan layanan mobile banking pertama di Indonesia. Ekspansi dilakukan untuk menembus wilayah 3T, yaitu Terluar, Terdepan, dan Tertinggal Indonesia. Terobosan penting lain pada periode ini adalah peluncuran TCASH, layanan uang digital lewat ponsel pertama di Indonesia

Selanjutnya Periode Akselerasi Ekspansi Produk dan Layanan terjadi sejak 2010 hingga sekarang. Diawali dengan memperkuat poisitioning dengan meluncurkan tagline Leading Digital Telcom Company pada 2010, Telkomsel lalu meluncurkan “LangitMusik”, layanan unduh lagu secara utuh yang pertama di Indonesia; meluncurkan layanan “Mobile Advertising,” memperkenalkan “Tap Izy”, layanan dompet digital pertama di Indonesia, dan meresmikan gerai layanan pelanggan GraPARI pertama di luar negeri, tepatnya di Hong Kong dan memperkenalkan Mobile GraPARI.

Salah satu milestone penting pada periode ini terjadi pada 2010 di mana perusahaan mencatatkan prestasi sebagai salah satu operator seluler terbesar di dunia dengan 125 juta pelanggan, dan memperkenalkan layanan mobile wi-fi pertama di Indonesia.

Milestone penting lainnya terjadi pada 2019 di mana TCASH direvitalisasi menjadi LinkAja melalui kolaborasi dengan sejumlah perbankan BUMN; Meluncurkan “by.U”, layanan prabayar digital pertama di Indonesia; Meluncurkan CloudX, solusi komunikasi berbasis cloud yang menyediakan layanan konferensi video; Demo dan uji coba 5G untuk segmen industri, sekaligus berhasil melakukan panggilan video berbasis jaringan 5G pertama di Indonesia.

Perjalanan Telkomsel selengkapnya bisa disimak di dalam buku Brands Journey from Zero to Hero yang diterbitkan SWA Publishing pada akhir Maret lalu. Buku ini juga membahas secara rinci tonggak-tonggak bersejarah perjalanan merek Telkomsel dalam mewarnai perkembangan transformasi digital di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)