Mengubah persepsi masyarakat akan image sebuah brand memang tidak mudah. Dibutuhkan proses sekaligus strategi branding yang jitu guna mengubah cara pandang konsumen akan persepsi yang telanjur melekat di benak konsumen. Tantangan itu pula yang kini tengah dihadapi oleh Smartfren.

Terlahir sebagai brand berbasis teknologi CDMA, belakangan Smartfren memutuskan untuk mengedepankan teknologi 4G LTE. Sayangnya, persepsi teknologi CDMA sudah telanjur melekat untuk merek Smartfren. Padahal, Smartfren menyasar semua segmen. Pada segmen low end, Smartfren memiliki Andromax sebagai andalannya.

Sementara itu, untuk segmen middle dan upper (premium), Smartfren memutuskan untuk melakukan strategi bundling atau exclusive partner dengan sejumlah merek smartphone. Untuk segmen middle misalnya, Smarfren menggandeng Moto Z. Sedangkan untuk segmen high end atau premium, Smartfren menggandeng merek Samsung dan iPhone.

Salah satu upaya untuk mengubah persepsi merek Smartfren dari teknologi CDMA ke 4G LTE serta menggenjot segmen premium adalah dengan menggandeng merek-merek smartphone yang menyasar segmen high end seperti iPhone. Tahun 2017 ini misalnya, Smartfren resmi menjadi partner eksklusif untuk iPhone 7, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Jika iPhone 7 sukses dihadirkan secara eksklusif oleh Smartfren pada Maret 2017 lalu, maka pada Desember ini, Smartfren kembali menjadi partner eksklusif iPhone untuk peluncuran produk bundling tiga seri terbarunya, yaitu iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8.

Ketiga smartphone terbaik tersebut resmi dirilis pada hari ini (22/12) dan ditawarkan dengan paket layanan data terbaik Smartfren 4G LTE Advanced. Pelanggan dapat memperoleh ketiga produk tesebut pada tanggal 22 Desember 2017 di Galeri Smartfren.

Dikatakan Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren, “Pelanggan akan mendapatkan pengalaman menarik saat menggunakan smartphone terbaik, iPhone X dengan jaringan terbaik Smartfren 4G LTE. Saat ini, Smartfren merupakan satu satunya operator selular yang sudah 100% full 4G dan selama 24 jam penuh serta pelanggan akan selalu terhubung dengan jaringan 4G.”

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Smartfren memberikan penawaran terbatas, yaitu cash-back hingga Rp 10 juta untuk iPhone X dan Rp 9 juta untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Dengan demikian, untuk memperoleh iPhone X 64 GB, pembeli cukup membayar Rp 7.999.000. Untuk iPhone X 256 GB, ditawarkan seharga Rp 10.799.000 dengan syarat pelanggan harus berlangganan paket prabayar Smartfren iPlan 500 sebesar Rp 500 ribu setiap bulannya selama 24 bulan.

Adapun untuk iPhone 8, dapat dibawa pulang dengan harga Rp 3.599.000 dan iPhone 8 plus dengan harga Rp 5.499.000, ditambah dengan berlangganan paket iPlan 500 selama 24 bulan senilai Rp 500 ribu setiap bulannya.

"iPlan 500 memberikan benefit kuota data unlimited (30GB) yang dapat dipakai 24 jam serta menelepon sepuasnya ke nomor Smartfren. Semua benefit berlaku selama 24 bulan," paparnya.

Hasilnya, sejak Maret 2017 sampai saat ini, puluhan ribu unit iPhone 7 berhasil terjual. Bahkan, Smartfren sukses meraih pelanggan baru di segmen premium hingga mencapai 120 ribuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)