Cerita 65 Tahun Danamon Bertumbuh di Industri Perbankan

Menginjak usianya yang ke-65 tahun, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. menggelar  program “Festival Kolaborasi”. Program ini diawali dengan kegiatan “[Live] A Conversation with Mr. Yasushi Itagaki-65 Years of Dedication & Growth Through Collaborations for Indonesia”, yang digelar secara virtual pada hari ini (16/7).

Pada kesempatan itu, Yasushi Itagaki bercerita tentang perjalanan brand Danamon berikut tonggak-tonggak bersejarahnya, sejak hadir pertama kali pada 1956 silam. Diakuinya, Danamon terus memberikan inovasi terbaru dengan meluncurkan berbagai program yang menarik bagi nasabah. Salah satunya, dengan meluncurkan Danamon Simpan Pinjam pada 2004. Peluncuran produk ini seiring dengan proses akuisisi dengan Adira Finance.

Tonggak bersejarah berikutnya adalah tahun 2019, di mana Danamon secara resmi menjadi anggota dari MUFG Bank, Ltd. Sejatinya, investasi MUFG di Danamon akan memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah dan franchise Danamon, serta mendukung Danamon untuk terus bertumbuh menjadi bank terkemuka di Indonesia. Area kolaborasi dengan MUFG meliputi pembiayaan untuk rantai pasok otomotif, perbankan ritel, inovasi digital, dan kemampuan manajemen risiko.

Menginjak tahun 2020, Danamon menghadirkan inovasi baru, dengan meluncurkan Danamon Optimal. Inovasi ini merupakan solusi finansial bagi nasabah pada segmen upwardly mobile. Di tahun yang sama, Danamon berhasil meraih penghargaan “Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International” (RBI) dengan predikat Highly Recommended untuk kategori Best Digital Banking Initiative berkat alih pengetahuan dan teknologi dari MUFG. Prestasi lain yang berhasil diraih Danamon di 2020 adalah predikat “Best Digital Bank” oleh Asiamoney pada ajang penganugerahan Asiamoney Best Bank Award 2020.

Diakui Yasushi Itagaki, Direktur Utama Danamon, pada hari ini (16/7), “65 tahun bukanlah proses yang singkat bagi kami. Kami bersyukur atas semua pencapaian Danamon yang kini menjadi anggota MUFG. Meski tahun 2020 dan awal tahun ini kita dihadapkan pada banyak tantangan, seperti kondisi ekonomi tidak menentu dan situasi yang sulit akibat pandemi, Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian.”

Menurutnya, kesuksesan Danamon meraih prestasi adalah berkat kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah, dan seluruh pemangku kepentingan yang telah berkontribusi membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua, yang menjadi motivasi bagi Danamon untuk terus hadir memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik. Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, kami ingin mengajak setiap lapisan masyarakat untuk optimis menatap kedepan, bersatu dan berkolaborasi dalam menghadapi masa krisis ini,” ajak Yasushi Itagaki.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan Danamon dalam menekan kasus Covid-19 di Indonesia, Danamon menggelar kampanye “Positivity Saves Lives”. Melalui kampanye ini, Danamon mengajak masyarakat untuk membagikan video kepada kerabat guna menyebarkan semangat positif. Setiap satu video yang dibagikan, Danamon mendonasikan 1 Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang disalurkan oleh Indonesia Kuat, sebuah LSM yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Total donasi yang berhasil dihimpun mencapai lebih dari 11.000 APD.

Selain itu, Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp 1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring Grab, menyediakan asuransi bagi 10.000 relawan covid-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan BP Jamsostek, serta distribusi sembako dan APD di sejumlah wilayah di Indonesia melalui jaringan kantor wilayah dan cabang Bank Danamon.

Paling anyar, pada 23 Juni hingga 2 Juli 2021, Bank Danamon Bersama MUFG dan Adira Finance menghadirkan sentra vaksinasi dengan menyalurkan 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), masyarakat transportasi, pengemudi transportasi daring, masyarakat rentan, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.

Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-65 yang bertema “Tumbuh Melalui Kolaborasi”,  Danamon juga meluncurkan Festival Kola6ora5i”. Kegiatan ini berupa sebuah festival virtual yang mengusung semangat kolaborasi untuk dapat tumbuh bersama, tetap produktif, dan bersikap positif walaupun #dirumahaja.

Di area festival virtual ini, masyarakat dapat menemukan kisah inspiratif perjalanan Danamon, produk-produk promosi kolaborasi special HUT ke-65, serta 650 menit talkshow yang menyoroti pentingnya kolaborasi dari berbagai topik, aspek, dan sudut pandang. Pada kesempatan HUT-nya di tahun ini, Danamon juga menggelar “Aksi Danamon Peduli”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)