Diskon Gila-Gilaan di Harbolnas 2015, Efektifkah?

Heboh Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang digelar pada 10-12 Desember 2015 lalu rupanya menyisakan cerita positif bagi para pelaku e-commerce di Indonesia. Bayangkan saja, selama tiga hari periode diskon gila-gilaan yang ditawarkan para pelaku e-commerce, terbukti mampu menyedot animo konsumen Indonesia untuk bertransaksi. Sejatinya, Harbolnas menjadi program yang efektif untuk men-drive sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen Indonesia untuk berbelanja online.

IMG_20151229_45863

Mau bukti? HappyFresh, brand yang turut bertarung di Harbolnas 2015, mengaku mencetak rekor yang fantastis. Sebagai pelopor layanan grocery shopping online di Asia Tenggara, HappyFresh yang baru beroperasi selama setahun berhasil mencetak rekor pesanan sebanyak 1.514 di hari pertama Harbolnas 2015. Itu artibya, menjadi sejarah jumlah pesanan harian tertinggi sepanjang tahun, dengan total 6.000 pesanan pada rentang waktu 10-12 Desember. Promo yang diberikan kepada pelanggan adalah berupa diskon 50% untuk pembelian minial Rp 500 ribu.

Sepanjang Harbolnas 2015, jumlah pesanan HappyFresh naik secara signifikan sebesar 90%, baik itu melalui desktop maupun aplikasi smartphone. Selain itu, volume pesanan dari konsumen pun meningkat sebanyak hamper 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Sebanyak lebih dari 80.000 produk telah dipesan pelanggan dari 32 toko dari 6 brand supermarket yang telah bekerja sama dengan HappyFresh. Antara lain, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Jakarta Fruit Market, LOKA dan All Fresh, baik yang berada di Jadetabek maupun Surabaya. Produk terpopuler yang dipesan oleh pelanggan adalah produk kebutuhan pokok seperti beras, gula dan minyak.

“Kami sangat senang melihat respon yang kami terima dari para pelanggan. Mengingat, HappyFresh baru didirikan setahun yang lalu. Kesuksesan HappyFresh pada Harbolnas ini kemudian menjadi bukti bahwa konsumen Indonesia telah siap untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. Harbolnas menjadi momen yang tepat bagi HappyFresh sebagai pelopor layanan grocery shopping online untuk mengajak lebih banyak konsumen Indonesia merasakan manfaat groceries shopping secara online. Oleh karena itu, kami memperpanjang periode promosi Harbolnas hingga 15 Desember 2015.”, ungkap Fajar Budiprasetyo, Chief of Technology Officer dan Co-Founder HappyFresh.

Berbarengan dengan momentum Harbolnas, mal online pertama dan terbesar di Indonesia Blibli.com juga menggelar promo Shocking Shopping 12/12 yang berlangsung sehari pada 12 Desember 2015. Lewat program tersebut, Blibli sanggup mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebanyak 20 kali lipat dibandingkan rata-rata penjualan harian di Blibli.com pada tahun ini.

Produk dari kategori Handphone & Tablet serta kategori Ibu & Anak adalah yang paling banyak diminati pembelanja Shocking Shopping 12/12. Sementara itu, total transaksi juga mengalami peningkatan sebanyak 9 kali dibandingkan rata-rata transaksi harian selama tahun ini di Blibli.com, dimana sebesar 64% transaksi via desktop dan 36% transaksi via mobile.

"Pencapaian pada Shocking Shopping 12/12 ini menjadi wujud komitmen kami sebagai e-commerce yang memberikan penawaran paling istimewa bagi pelanggan, yang sesuai dengan kebutuhan belanja akhir tahun, baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun orang tercinta, kata Senior Digital Marketing, Research & CRM Manager Blibli.com Tabah Yudhananto, yang akrab disapa Anto.

Selain itu, dari komposisi pembelanja terbesar, rupanya tidak hanya datang dari Pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tapi, ada juga yang datang dari Lampung, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, hingga Papua dan Papua Barat. Ini membuktikan fasilitas gratis pengiriman barang (free shipping) ke seluruh Indonesia sangat dirasakan manfaatnya buat pelanggan Blibli.com, kata Anto.

Ia menambahkan, penyumbang nilai transaksi terbesar menggunakan kartu kredit, dan lebih dari separuhnya memanfaatkan fasilitas Cicilan 0%. Memang salah satu keuntungan berbelanja online di Blibli.com adalah berkesempatan menikmati fasilitas Cicilan 0% selama 6 atau 12 bulan, jelasnya.

Keuntungan serupa juga dinikmati Lazada. Jumlah kunjungan ke Lazada selama Harbolnas 2015 mengalami peningkatan secara drastis, yakni kurang lebih 36 juta konsumen mengunjungi situs web dan aplikasi Lazada di enam negara. Tak ketinggalan, volume pesanan atau order dari konsumen juga mengalami lonjakan hingga satu juta. Artinya, terdapat peningkatan sebesar 300 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014 kemarin.

Secara lebih terperinci, sebanyak 1,7 juta produk telah dipesan oleh konsumen Lazada. Pesanan tersebut mencatatkan nilai US$ 40 juta (Rp 560 miliar) untuk Gross Merchandize Value (GMV) atau penjualan secara keseluruhan di tiga hari terakhir untuk Lazada Group.

“Kesuksesan Hari Belanja Online Nasional merupakan bukti dari besarnya potensi e-commerce di Indonesia. Dengan ratusan ribu penawaran khusus dan jutaan produk yang ditawarkan, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan manfaat belanja online terhadap lebih banyak konsumen di Indonesia," jelas Magnus Ekbom CEO Lazada Indonesia.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)