Petrokimia Gresik (PKG)
Kustomer adalah elemen utama dari sukses-tidaknya sebuah perusahaan. Oleh karena itu, memahami kebutuhan customer merupakan salah satu kunci perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Tanpa terkecuali Petrokimia Gresik (PKG).
Demi menjawab kebutuhan customer-nya, PKG menerapkan sistem webcommerce yang terintegrasi dengan alamat sip3.petrokimia-gresik.com. Sistem tersebut memfasilitasi distributor dan konsumen untuk melakukan proses transaksi.
Sistem webcommerce tersebut dapat digunakan secara online dan real-time oleh para customer, sehingga sangat berguna dalam memudahkan proses transaksi penjualan kepada customer PKG. “ICT sangat berguna, karena PKG memiliki frekuensi transaksi yang sangat tinggi dan jumlahnya sangat banyak serta tersebar di seluruh Indonesia,” kata General Manager Administrasi Keuangan PKG Abudullah Sayidi.
Sistem ICT yang dikembangkan PKG, ditambahkannya, sudah terintegrasi dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal. Mulai dari penebusan secara online; melakukan pembayaran dengan banyak channel perbankan yang bekerja sama dengan Teller, ATM, Internet Banking, System Cash Management, dan lain-lain; memberikan fasilitas kredit perbankan (distributor financing) yang terintegrasi ke dalam system secara online; serta memonitor transaksi penerimaan harian dari customer.
“Dengan sistem ICT yang kami terapkan, maka kami dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada customer. Dengan demikian, kami dapat meningkatkan kepercayaan customer maupun customer loyalty. Dampak lainnya, nilai piutang jatuh tempo mampu turun, kemampuan menebus distributor lebih besar dengan suntikan modal yang lebih besar,” yakinnya.
Dan, tahun ini, Petrokimia Gresik pun terpilih sebagai salah satu pemenang Top 3 Indonesia Best eMark Award 2016 kategori Jasa & Produksi.