Trafik Medsos Melonjak saat Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua rupanya membawa berkah bagi para pelaku bisnis di industri operator selular. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan trafik data yang sangat signifikan pada masa pencoblosan Pilkada DKI Jakarta berlangsung, yakni 19 April 2017 lalu.

Menurut catatan XL, sebagai salah satu pemain operator selular terbesar di Indonesia, meskipun di hari pemungutan suara hampir seluruh instansi pemerintah dan swasta banyak yang tutup dan pegawainya libur—sehingga sebagain dari pekerja berada di luar wilayah Jakarta—namun tercatat tetap terjadi kenaikan trafik sekitar 10% dibanding hari-hari biasa. Dan, akses ke media sosial (medsos) mendominasi kenaikan trafik tersebut.

Diungkapkan Vice President Jabodetabek Region XL Axiata Bambang Parikesit, “Seperti yang sudah kami prediksi, Pilkada DKI Jakarta mendapatkan perhatian sangat luas, termasuk oleh warga di luar Jakarta. Sementara itu, di wilayah DKI sendiri warga sudah sangat menunggu peristiwa politik ini, yang kemudian hal ini memicu keinginan untuk bukan saja mendapatkan informasi yang lebih lengkap, namun juga membangun informasi yang dimiliki. Kita bisa lihat sendiri, betapa intensnya masyarakat mengakses media sosial dan mengunggah semua format pesan, termasuk foto dan video.”

Lantas, media sosial mana yang trafiknya paling tinggi selama pilkada DKI Jakarta berlangsung? Dijawab Bambang, akses tertinggi tetap pada medsos yang utama yang penggunanya terhitung tinggi di Indonesia, yaitu Instragram, Facebook, Twitter, LINE, dan Path. “Selain itu, penggunaan instant messenger WhatsApp juga cukup tinggi. Kenaikan akses paling tinggi ada pada layanan Instagram, yaitu naik rata-rata 50% dibanding hari-hari biasa di semua wilayah kecuali Kepulauan Seribu, dengan kenaikan tertinggi di wilayah Jakarta Pusat setinggi 155%,” tegasnya.

Diyakini Bambang, intensitas penggunaan layanan Data ini tidak terlepas dari semakin baiknya kualitas jaringan internet dan Data dari XL Axiata di wilayah DKI Jakarta, di mana layanan 4G LTE sudah hampir merata di setiap sudut kota. “Bahkan, di beberapa area di Indonesia, sudah terlayani oleh 4,5G,” klaimnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)