Ketika Herbalife Memilih Sport Event sebagai Channel Edukasi

herbalife

Di era digital seperti sekarang, ada banyak pilihan saluran komunikasi dan pemasaran yang dapat dimanfaatkan pemasar untuk membangun sekaligus memperkuat brand atau corporate. Dan, mensponsori kegiatan olahraga (sport event) merupakan salah satu pilihan yang masih dinilai efektif oleh pemasar. Sejatinya, melalui event olahraga, perusahaan dapat melakukan berbagai aktivitas pemasaran maupun kampanye komunikasi terkait brand atau perusahaan mereka.

Efektivitas mensponsori sebuah sport event dirasakan juga oleh Herbalife--perusahaan penyedia nutrisi global--dan Bank Mandiri. Melalui event tahunan yang sudah dimulai sejak tahun 2007, “Herbalife Bali International Triathlon 2016”, kedua brand besar itu rutin melakukan edukasi market. Tahun 2016 ini, Herbalife telah mensponsori event tersebut untuk yang kesembilan kalinya atau yang kedua kalinya sebagai sponsor utama, sehingga namanya berhak tampil di title event. Sementara itu, Bank Mandiri memasuki tahun kedua dalam mensponsori event tersebut.

Diterangkan Country General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi, sebagai perusahaan yang memiliki komitmen untuk menularkan gaya hidup aktif dan sehat, Herbalife senantiasa melakukan kampanye edukasi tentang pentingnya gaya hidup aktif dan sehat kepada masyarakat. “Oleh karena itu, selain rutin mensponsori event olahraga triathlon ini, kami juga rutin mensponsori event dari cabang olahraga lainnya. Bahkan, kami juga mensponsori lebih dari 190 atlet di seluruh dunia, termasuk atlet di Indonesia,” papar Andam Dewi.

Sebagai channel edukasi market, diakui Andam Dewi, sebelum pelaksanaan “Herbalife Bali International Triathlon 2016” yang akan digelar di Sanur-Bali pada 14 Agustus 2016 mendatang, Herbalife menggelar roadshow ke sejumlah kota di Indonesia. Di antaranya, di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Sungai Liat, dan Bali.

“Roadshow kami kemas dalam bentuk coaching clinic dengan mengundang komunitas olahraga di kota masing-masing. Di sana, selain mensosialisasikan kompetisi Triathlon yang akan digelar di Bali, kami juga melakukan edukasi tentang pentingnya nutrisi dan membagikan nutrisi kepada para peserta,” urainya.

Sementara itu, pada saat event berlangsung, Herbalife akan kembali melakukan edukasi market seputar kampanye gaya hidup aktif dan sehat. Bahkan, Herbalife juga akan menyediakan free flow beberapa produk Herbalife di sana, seperti Formula 1 Nutritional Shake dan teh NRG. Selain itu, tiap peserta juga dapat memperoleh layanan pemeriksaan kadar lemak dan indeks glikemik oleh member independen Herbalife. “Untuk para atlet yang menjadi peserta, kami juga akan menyediakan asupan nutrisi yang digunakan selama latihan, baik sebelum, selama perlombaan, hingga paska perlombaan,” lanjutnya.

Serupa dengan Herbalife, pada sepanjang event “Herbalife Bali International Triathlon 2016” berlangsung, Bank Mandiri juga akan melakukan edukasi market tentang cashless society. “Kami ingin mengedukasi market tentang e-Money, yang merupakan salah satu produk Bank Mandiri. Pada kesempatan itu, kami juga ingin mengoptimalkan UKM dengan menampilkan sejumlah UKM di lintasan rute kompetisi,” terang Head of Corprate Communications Bank Mandiri Ahmad Reza, yang menyebutkan bahwa Bank Mandiri juga telah mensponsori ajang event olahraga lainnya seperti Mandiri Jakarta Marathon dan Tour de Flores.

Ditambahkan Arie Sukirno, Direktur “Herbalife Bali International Triathlon 2016”, pada tahun ini, ada tiga kategori yang diperlombakan, yakni kelas Olympic (renang 1,6 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km); kelas Sprint (renang 500 meter, sepeda 20 km, dan lari 5 km); serta kelas 5K Fun Run.

“Kami menargetkan 1.500 peserta pada event kali ini. Itu artinya, meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.200 peserta. Jika tahun lalu peserta asing mencapai 20%, maka tahun ini peserta asing mencapai 10%. Meski persentase peserta asing terlihat menurun, namun faktanya jumlahnya meningkat karena peserta domestiknya juga meningkat sangat pesat,” kata Arie, yang menyebutkan hingga hari ini (21/7), jumlah peserta yang sudah mendaftar mencapai 1.064 peserta.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)