Lima Dekade Perjalanan Merek Mitsubishi Fuso

Lima dekade (50 tahun) hadir di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang merupakan distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), tercatat telah sukses memasarkan kendaraan niaga merek Mitsubishi Fuso. Antara lain, Colt Diesel, Fuso, New Fuso, Fighter, dan Tractor Head.

Sebagai pionir kendaraan niaga di Indonesia, sejatinya Mitsubishi Fuso turut berperan besar dalam mengembangkan pasar kendaraan niaga di Indonesia. Termasuk, mendukung perkembangan di berbagai sektor bisnis, baik perdagangan maupun perkebunan. Lantaran, truk milik Mitsubishi Fuso menjadi mayoritas kendaraan yang digunakan oleh berbagai sektor bisnis di Tanah Air.

Eksistensi Mitsubishi Fuso di pasar kendaraan niaga tak lepas dari inovasi yang senantiasa dilancarkan demi memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan. Sejak kehadirannya pada 1970 lalu, Mitsubishi Fuso telah menghadirkan sejumlah varian produk untuk berbagai segmen market.

Pada 1970, untuk pertama kalinya Mitsubishi meluncurkan produk komersial Mitsubishi Colt T100, yang juga menandakan kehadiran KTB di Indonesia. Dua tahun kemudian, Mitsubishi Diesel T-120 diluncurkan, sebagai pengembangan dari Mitsubishi Colt T100.

Selanjutnya, secara berkala, Mitsubishi Fuso merilis inovasi dari sisi produk. Mulai dari Colt Diesel T200 (pada tahun 1975), Fuso FM 215F (1977), Colt Diesel Type FE 101 dan FE 111 (1979), Colt Diesel 104 (1983), Colt Diesel FE 114 dengan 6 ban (1984), hingga Fuso FM 516F (1987).

Paling anyar, di ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) pada 5-8 Maret 2020, Mitsubishi meluncurkan varian terbarunya,  Medium Duty Truck (MDT) Fighter FN61FL HD (6x2) chassis panjang. Pada saat yang sama, diperkenalkan juga dua varian lainnya, yaitu Fighter FN61FL (6x2) dan truk elektrik eCanter.

Peluncuran Fighter FN61FL HD (6x2) untuk menjawab kebutuhan pasar akan kendaraan yang bertenaga, dimensi lebih besar, peningkatan kenyamanan, perawatan mudah, serta dapat disesuaikan dengan regulasi kendaraan niaga.

Berikutnya, pada awal tahun 2017, Mitsubishi Fuso berhasil menorehkan sejarah sekaligus mencatat rekor MURI di pasar kendaraan niaga. Di tahun itu, Mitsibushi Fuso sukses menjual 1 juta unit Colt Diesel di Indonesia. Salah satu produk Mitsubishi Fuso di kelas light duty truck itu sejatinya telah mencatatkan kontribusi besar bagi pasar kendaraan niaga di Tanah Air.

Pencapaian rekor penjualan ini merupakan yang pertama dan satu-satunya atas penjualan truk terbanyak di segmen kendaraan niaga ringan. Tak heran, di segmen medium truk, hingga saat ini Mitsubishi Fuso masih menjadi market leader. Sejatinya, pencapaian ini juga menjadi salah satu parameter akan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Mitsibishi Fuso.

Rekor satu juta unit tersebut tak lepas dari strategi pemasaran dan komunikasi yang dilancarkan Mitsubishi Fuso, yakni "Mitsubishi Fuso Gathering dan Truck Campaign" yang digelar di seluruh Indonesia pada sepanjang Agustus hingga Desember 2016.

Dalam rangkaian kampanye itu, Mitsubishi Fuso menggelar hampir 130 acara. Kampanye ini juga dijadikan sebagai ajang kumpul konsumen demi membangun consumer engagement dan brand engagement, hingga sebagai momen memperkenalkan dan memasarkan varian-varian terbaru Fuso.

Pada awal September 2020, Mitsubishi Fuso kembali membuat gebrakan dengan menghadirkan Official Store di marketplace Tokopedia. Di official store-nya ini, Mitsubishi Fuso mengahdirkan 22 grup dealer dari delapan area, yakni Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali dan Nusa Tenggara Barat), Kalimantan, serta Indonesia bagian Timur.

Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB, mengatakan bahwa dengan kehadiran official store di Tokopedia ini diharapkan dapat mempermudah konsumen yang membutuhkan kendaraan niaga selama masa pandemi. “Ini juga sebagai langkah adaptasi kami dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen di masa pandemi,” ucapnya.

Tetap Eksis di Masa Pandemi

Memasuki tahun 2020, pasar kendaraan niaga ikut tergoncang akibat pandemi Covid-19. Hal itu ditandai dengan menurunnya permintaan pasar kendaraan niaga sejak awal tahun 2020. Sepanjang Januari hingga Oktober 2020, permintaan pasar kendaraan niaga hanya 39.062 unit. Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya (Januari-Oktober 2019), jumlah permintaan mencapai 77.662 unit. Ini artinya, pasar kendaraan niaga turun hampir separuhnya, minus 49,7%.

Lantas, bagaimana dengan kinerja Mitsubishi Fuso? Pada Januari hingga Oktober 2020, Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan penjualan 19.007 unit dengan menguasai market share 48,7% di pasar kendaraan niaga di Indonesia. Pangsa pasar ini terhitung naik jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019, yang hanya 43,5%. Meski demikian, secara total penjualan, Mitsubishi Fuso juga mengalami penurunan, yakni dari 33.082 unit (Januari-Oktober 2019) menjadi 19.007 unit (Januari-Oktober 2020).

Sejatinya, tetap massif-nya kampanye pemasaran dan komunikasi menjadi salah satu kunci Mitsubishi Fuso bertahan di masa pendemi. Cara-cara kampanye baru melalui platform digital dihadirkan Mitsubishi Fuso pada sepanjang tahun ini. Antara lain, dengan menghadirkan offical store-nya di Tokopedia pada September 2020.

Sebelumnya, pada semester kedua 2020 misalnya, Mitsubishi Fuso bersama dengan Dealer Mitsubishi Fuso menggelar 45 sesi acara customer gathering secara virtual yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan yang digelar hingga akhir Agustus 2020 ini dihadiri oleh 2.500 pelanggan setia Mitsubishi Fuso.

“Setiap tahunnya, kami bersama dealer memang secara rutin menyelenggarakan customer gathering melalui program seperti FUSO Gathering dan Truck Campaign. Acara ini diselenggarakan agar KTB dan dealer dapat mempererat komunikasi dengan pelanggan setia Mitsubishi Fuso. Yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya adalah pertemuan kali ini dilakukan secara virtual, mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk pertemuan tatap muka secara langsung dengan konsumen,” ungkap Dony Hermawan, Head of PR & CSR Department KTB.

Pada kesempatan ini, KTB menghadirkan program penawaran 3S (sales, service, spare part), khususnya selama masa pandemi. Di antaranya, dengan memaksimalkan Mobile Workshop Service serta Booking Service, untuk perawatan dan perbaikan kendaraan. Sedangkan untuk program penjualan, Salesforce tetap melayani, baik melalui telepon, pesan singkat, maupun korespondensi email. Konsumen juga bisa mendapatkan layanan penjualan melalui program Virtual Customer Gathering.

Paling anyar, Mitsubishi Fuso menggelar program akhir tahun  berupa undian berhadiah bagi setiap pembelian Truk Mitsubishi Fuso baru, baik secara online ataupun offline, di jaringan resmi dealer Mitsubishi Fuso di Indonesia. Melalui program ini, selama periode 9 November-31 Desember 2020, pelanggan berkesempatan mendapatkan grand prize unit kendaraan Mitsubishi Fuso Espasio, Mitsubishi Xpander Cross, serta hadiah lainnya senilai lebih dari Rp 1 miliar yang akan diumumkan pada awal tahun 2021.

“Kami berharap momentum dari kegiatan ini akan semakin memperkokoh Mitsubishi Fuso sebagai market leader kendaraan niaga di Indonesia yang tahun ini memasuki usia ke-50. Kami juga berharap program ini dapat memperkuat hubungan antara Mitsubishi Fuso dengan seluruh pelanggan di Indonesia serta memperkuat semangat bisnis di tahun 2021,” harap Duljatmono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)