Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia Indonesia mengungkapkan, games adalah aplikasi nomor satu yang menghasilkan uang untuk bisnis mobile application. “Kontribusinya bisa mencapai 65%. Karena memang ada kecenderungan dimana konsumen lebih memilih mengeluarkan uangnya untuk membeli games dibandingkan membeli aplikasi,” imbuhnya.

Mobile Games Developer War 5 kali ini berhasil mengumpulkan 350 tim dari kategori profesional dan rookie, yang terdiri dari 1.400 developer dari 25 universitas di Indonesia.

Menyadari potensi tersebut, Nokia secara konsisten mengembangkan potensi-potensi developer lokal, baik games developer maupun application developer. Salah satunya lewat ajang Mobile Games Developer War yang tahun ini diselenggarakan untuk yang kelima kalinya.

Dikatakan Maretha Dewi, Head of Developer Experience Nokia Indonesia, Mobile Games Developer War 5 diharapkan bisa semakin memacu para developer Indonesia untuk bermimpi besar dan mampu menciptakan aplikasi dan games yang konsisten serta berkualitas.

“Mobile Games Developer War merupakan salah satu program utama Nokia Indonesia untuk mendukung para developer lokal dalam menciptakan konten lokal yang relevan dan menarik, khususnya bagi pengguna Nokia Lumia. Kami juga melihat bahwa developer di Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menghasilkan aplikasi yang berkualitas,” ungkapnya.

Hasilnya, sejak resmi menggunakan sistem operasi Windows, Nokia telah mencatat lebih dari 190 ribu aplikasi di Windows Phone, dimana 6000 diantaranya merupakan aplikasi lokal. Jumlah tersebut juga meningkat lebih dari 90% sejak Nokia pertama kali memperkenalkan produk Lumia pada pertengahan 2012 lalu. Volume download yang dilakukan pada Windows Phone Store pun meningkat hingga 266% setiap bulannya.

Keuntungan yang didapatkan melalui aplikasi berbayar setiap bulannya juga mengalami peningkatan hingga 175%, dan transaksinya delapan kali lipat lebih banyak terjadi melalui operator billing atau pembelian aplikasi menggunakan pulsa. Sejak Agustus 2013 lalu, Nokia juga bekerja sama dengan operator nasional Telkomsel, Indosat, dan XL, yang mendukung operator billing untuk pembelian aplikasi di Windows Phone Store.

Diselenggarakan sejak tahun 2011 silam, Mobile Games Developer War merupakan program yang digelar untuk menjaring ekosistem pengembang aplikasi lokal dan mencetak aplikasi-aplikasi berkualitas di Windows Phone Store. Chocoarts, Creacle Studio dan Solite Studio merupakan beberapa pemenang dari Mobile Games Developer War sebelumnya, dan secara keseluruhan aplikasi yang dihasilkan dari ajang tersebut kini sudah mencapai satu juta download.

Mobile Games Developer War 5 kali ini berhasil mengumpulkan 350 tim dari kategori profesional dan rookie, yang terdiri dari 1.400 developer dari 25 universitas di Indonesia, dengan total hadiah Rp 240 juta. Para peserta harus memanfaatkan platform Windows Phone dan mereka didorong untuk menciptakan games atau aplikasi yang bisa dimonetisasi, antara lain dengan model Try-N-Buy atau In-App-Purchase.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)