Mengukur Efektivitas Kampanye "Xpander Tons of Real Happiness"

Sukses menghadirkan konsep taman hiburan keluarga di Kota Bekasi, Semarang, dan Surabaya melalui kampanye bertajuk "Xpander Tons of Real Happiness", mendekati penghujung September ini (21-23 September 2018), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali melanjutkan ke Kota Makassar.

Dipilihnya Makassar sebagai salah satu dari sembilan kota untuk roadshow kampanye tersebut cukup dimaklumi. Mengingat, Makassar merupakan pasar potensial bagi Mitsubishi dalam melakukan penetrasi untuk merek Small MPV (Multi Purpose Vehicle)-nya, Xpander.

Menurut Ilham Iranda, Head of Sales Marketing Region 3 Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, penjualan Xpander di Makassar mencapai 100-120 unit tiap bulannya. "Itupun ada beberapa yang masih indent," katanya di sela-sela press conference kampanye Xpander Tons of Real Happiness di Makassar pada September ini (21/9).

Pada Januari hingga Juli 2018, lanjut Ilham, penjualan Xpander di wilayah Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur mencapai 1.456 unit. Itu artinya, berkontribusi sebesar 3,1% terhadap total penjualan Xpander secara nasional. "Dari angka itu, kontribusi wilayah Sulawesi Selatan mencapai 51,6% atau sebesar 752 unit. Dari total penjualan Xpander di Sulawesi Selatan, Makassar menyumbang 57,8% atau mencapai penjualan 425 unit," paparnya.

Ditambahkan Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, kampanye tersebut sebagai salah satu upaya Mitsubishi memperkuat posisi Xpander di pasar Small MPV nasional, yang saat ini pangsa pasarnya telah dikuasai sebesar 30% hanya dalam kurun waktu satu tahun hadir di Indonesia.

"Pertarungan di pasar Small MPV sangat ketat lantaran segmen Small MPV tercatat yang terbesar di pasar passanger car. Apalagi, selama ini, segmen Small MPV telah lama dikuasai oleh kompetitor," aku Irwan, yang menyebutkan bahwa saat ini, rata-rata penjualan Xpander mencapai 6.500 unit per bulan.

Lantas, bagaimana efektivitas kampanye Xpander Tons of Real Happiness? Dijawab Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication Group MMKSI, meski belum rampung digelar di 9 kota, namun antusiasme masyarakat telah melebihi ekspektasi. Di Bekasi, Semarang, dan Surabaya, jumlah total pengunjung mencapai 30 ribu dan rata-rata penjualannya mencapai lebih dari 100 unit di masing-masing kota tempat berlangsungnya event. Padahal, target yang dipatok Xpander di awal, jumlah rata-rata pengunjug di setiap kotanya hanya 7.500. "Kami berharap, di Makassar, jumlah pengungjung dan penjualan Xpander sama suksesnya, bahkan melebihi tiga kota sebelumnya," harap Intan.***

(Simak artikel lengkap Gerak Xpander Kuasai Pasar Small MPV di Majalah Mix edisi September/Oktober 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)