Pandemi Bikin FOX'S Ganti Konsep Kampanye Komunikasi

Pandemi Covid-19 membuat para pemasar atau pengelola merek untuk melakukan penyesuaian pada berbagai kampanye komunikasi mereka. Langkah penyesuaian juga dilakukan merek permen FOX'S dari Nestle saat menggelar kampanye Ramadhan tahun ini. Ya, FOX'S memilih ganti konsep kampanye komunikasinya, dari yang awalnya film pendek, diganti menjadi komik animasi yang tayang di Instagram.

Diungkapkan Vanessa Inggrid Pamela, Brand Manager Permen FOX’S, “Dengan situasi pandemi dan adanya peraturan dari pemerintah untuk berdiam di rumah, orang-orang membatasi kegiatan mereka untuk keluar, termasuk berbelanja di toko konvensional. Brand pun terkena imbasnya dengan dibatasinya kegiatan untuk melakukan shooting iklan. Oleh karena itu, kami perlu menaklukkan situasi dan memaksimalkan alternatif lain, yaitu, dengan menggunakan platform digital.”

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelumnya FOX'S sudah punya rencana kampanye lain untuk Ramadhan tahun ini. Namun, karena adanya situasi pandemi, sangat disayangkan rencana kampanye pada Ramadhan ini harus diubah. "Oleh karena itu, kami harus cepat mencari solusi dan justru di saat terdesak datanglah kreativitas," akunya.

Ditambahkan Vanessa, rencana membuat film pendek Permen FOX’S diubah menjadi konten komik merupakan langkah yang lebih memungkinkan dilakukan pada waktu itu. "Sebagai berkah yang tersembunyi, hal tersebut justru menjadi salah satu kampanye terbaik yang pernah kami miliki. Itu adalah langkah yang tepat dengan hasil yang luar biasa," klaimnya.

Menggandeng Froyo Story sebagai Digital Agency, Permen FOX’S melakukan manuver dengan membuat kampanye ‘Indahnya Ramadan’ di Instagram @KilauFOXS. Berkolaborasi bersama Reza Chandika sebagai Content Creator, audiens bisa membaca komik animasi sederhana yang menghidupkan karakter fiksi populer milik Reza Chandika, yaitu, Donna, Ajeng dan Akbar. Jalan cerita dibuat seolah ketiga karakter tersebut memiliki teman yang bernama Indah untuk kemudian dirangkai menjadi sebuah kampanye dengan pesan toleransi dalam keberagaman.

Diceritakan Andika Alivano, Managing Director Froyo Story, “Yang menarik di kampanye ini adalah kami melihat bahwa Donna, Ajeng, dan Akbar yang merupakan karakter fiksi yang dibuat oleh Reza Chandika itu sangat populer. Konten dari karakter-karakter ini sangat menghibur ditambah ketika itu para pengikutnya Reza Chandika juga seperti ikut membantu dalam membangun karakter-karakter ini di kolom komentar."

Banyaknya karakter, menurut Andika, juga mewakili Permen FOX’S yang memiliki banyak rasa. "Makanya, kami yakin kalau karakter-karakter ini akan mampu menguatkan karakter Indah yang sebelumnya sudah dibikin untuk kampanye ‘Indahnya Ramadan’, sehingga plot cerita kami kembangkan lagi agar ada kecocokan,” paparnya.

Sejumlah komentar di Instagram Permen FOX’S antara lain memuji ide dari tim kreatif di balik ‘Indahnya Ramadan’. “Gokiiil... dari keisengen @rezachandika terus bisa jadi campaign produk. Jujur gila sih idenya tim Foxs, jujur...,” puji akun Instagram @aisyawiyati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)