Sebagai pendatang anyar di industri ritel fashion, Untold menghadapi sejumlah tantangan besar. Selain harus menghadapi ketatnya pertarungan di pasar ritel fashion, melesunya industri ritel yang tengah terjadi dalam beberapa tahun terakhir juga harus dijawab Untold dengan strategi bisnis yang jitu.
Oleh karena itu, sejak hadir 2016 lalu, Untold memilih strategi kolaborasi dengan berbagai brand premium yang memiliki visi sekaligus value yang sama. Sejatinya, strategi kolaborasi tersebut dapat memperluas penetrasi Untold sekaligus membangun brand awareness Untold sebagai merek fesyen streetwear lokal yang dapat berkolaborasi dengan merek-merek global.
Mendekati penghujung September ini misalnya, Untold resmi berkolaborasi secara eksklusif dengan Watchanish, merek jam premium asal London yang didirikan oleh Anish Bhati. Dikatakan Yungz, Founder of Untold, "Alasan kolaborasi Untold dengan Watchanish karena kami memiliki mindset yang sama, yakni kami percaya action speaks louder than words," ujar Yungz di sela-sela press conference pada September ini (22/9) di Jakarta.
Melalui kolaborasi itu, Untold bersama Watchanish merilis sejumlah koleksi fashion terbatas, yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 325 ribu hingga Rp 600 ribuan. Koleksi tersebut antara lain short sleeve t-shirt, long sleeve t-shirt, oversized long sleeve, coach jacket, camouflage jacket, varsity jacket, dan pins.
"Seluruh koleksi itu sudah dapat dibeli mulai tanggal 23 September 2018 di website resmi Untold. Selain itu, koleksi terbatas itu juga akan ada di jaringan ritel The Goods Dept, Sogo Dept Store, Central Dept Store, Seibu, dan Gallery Lafayate. Koleksi ini juga akan dipasarkan di London lewat Watchanish," ungkap Yungz.
Demi memperkenalkan kolaborasi keduanya, Untold menggelar pesta peluncuran khusus dengan mengundang para pelanggan loyal Untold serta teman-teman maupun jejaring Untold, seperti penyanyi papan atas Syahrini. "Pada kesempatan itu, mereka memiliki keistimewaan untuk menjadi yang pertama melihat koleksi dari kolaborasi Untold x Watchanish," tutur Yungz yang menyebutkan bahwa artis Armand Maulana dan Al Ghazali juga pernah menggunakan produk fashion Untold.
Sebelumnya, strategi kolaborasi Untold juga sudah sukses digelar dengan berbagai merek global. Sebut saja, berkolaborasi dengan Street Photography Azcha Tobing, Heineken, dan Hublot. "Strategi ini diharapkan dapat membuktikan bahwa brand lokal seperti Untold juga dapat bersanding dengan brand premium internasional. Selain itu, kolaborasi ini juga membuat Untold menjadi luxury brand yang mengedepankan detil dan kualitas," tutup Yungz, yang menyebutkan tahun lalu Untold masih mengalami pertumbuhan penjualan.