Brand Communication

Sustainability dan Inovasi, Kunci Eksistensi 150 Tahun FrieslandCampina

Sustainability tak hanya diterapkan FrieslandCampina pada rantai produksi dan bisnisnya. Namun, FrieslandCampina juga mengedepankan keberlanjutan atas kesejahteraan para peternak sapinya melalui konsep “Tumbuh Bersama”. Pada tahun 1871 para peternak di Belanda memutuskan untuk bergabung dalam koperasi peternak sapi perah lokal yang selanjutnya menjadi pemilik perusahaan produk berbasis susu terbesar dunia, FrieslandCampina.

“Tumbuh bersama adalah warisan para pendiri dan kini menjadi identitas dan semangat FrieslandCampina. Anggota koperasi, yang notabene para peternak sapi, bekerja sama dengan perusahaan untuk menghadirkan produk-produk yang menghadirkan kebaikan susu bagi jutaan konsumen di seluruh dunia,” papar Andrew.

Komitmen FrieslandCampina atas keberlanjutan kesejahteraan para peternak sapinya diwujudkan melalui inisiatif unggulan, “Dairy Development Programme” (DDP). Program ini telah digelar di Asia (termasuk Indonesia), Afrika, dan Eropa Timur, serta telah menjangkau lebih dari 250 ribu para peternak sapi.

“Di Indonesia, kami juga menerapkan standar kualitas dengan menerapkan standardisasi kualitas pada proses produksi, kemasan, dan distribusi, berdasarkan sistem Foqus Food Safety and Quality. Keberlanjutan juga menjadi fokus utama dalam menerapkan program-program keberlanjutan termasuk juga di dua fasilitas produksi FrieslandCampina di Indonesia untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi manusia, peternak, dan bumi,” ungkap Plant Manager PT Frisian Flag Indonesia Aryono Bambang Ardhyo.

Selain berdampak pada people dan profit, konsep sustainability yang diterapkan FrieslandCampina juga harus berdampak pada planet atau lingkungan. Untuk hal ini, FrieslandCampina mengusung prinsip Nourishing a Better Planet, yakni dengan menjaga hubungan yang seimbang antara peternak, lingkungan, dan konsumen.

Dalam satu dekade (sepuluh tahun terakhir) terakhir, FrieslandCampina telah menjalankan sejumlah inisiatif untuk menjaga “kesehatan” konsumen, peternak, dan bumi. Objektifnya, agar dapat menciptakan masa depan berkelanjutan yang akan dinikmati oleh generasi mendatang.

“Oleh karena itu, kami telah menjalankan sejumlah program, seperti Better Nutrition, dengan memproduksi produk bernutrisi bagi masyarakat; Better Living for Farmers, dengan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi para peternak sapi; Better Nature, dengan menggunakan bahan baku alami; Better Packaging dengan menggunakan kemasan yang 100% sirkular, antara lain dengan menggunakan sedotan kertas yang sudah diluncurkan di Indonesia; Better Sourcing dengan menjalin kerja sama dengan para pemasok yang memiliki kredibilitas dan bertanggung jawab pada lingkungan; serta Better Climate dengan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca,” Andrew menjelaskan.

Inovasi Melalui Produk Bernutrisi

Steve Job, salah satu pendiri Apple, mengatakan, “Innovation distinguishes between a leader and a follower.” Itu artinya, yang membedakan antara seorang pemimpin dengan seorang pengikut adalah inovasi.

Page: 1 2 3 4

Dwi Wulandari

Recent Posts

Sharp Raih Prestasi Bergengsi sepanjang 2024, Apa Saja?

MIX.co.id - Sepanjang 2024, Sharp Indonesia telah meluncurkan sejumlah produk unggulan yang direspon positif oleh…

2 days ago

KONFLIK DAN TATA KELOLA: PELAJARAN DARI THE AUDITORS DAN GUCCI

Serial The Auditors dan kisah keluarga Gucci mengungkap bagaimana konflik internal tanpa tata kelola yang…

2 days ago

BAGAIMANA MENYEIMBANGAKAN FAMILY DAN PROFESSIONAL BUSINESS DALAM BISNIS KELUARGA?

Bisnis keluarga tak lagi hanya soal warisan. Dengan profesionalisme, bisnis keluarga mampu bertahan, bersaing, dan…

2 days ago

MENGUKUR CSR DENGAN AKURAT: TANTANGAN DAN SOLUSI TERKINI

Apakah inisiatif CSR Anda nyata atau sekadar retorika? Pengukuran berbasis data adalah kunci untuk membuktikan…

2 days ago

KESALAHAN UMUM DALAM KOMUNIKASI KEBERLANJUTAN

Komunikasi keberlanjutan membutuhkan transparansi dan kejujuran. Namun, banyak perusahaan tergelincir dalam kesalahan seperti greenwashing, overclaiming,…

3 days ago

ERA BARU TANGGUNG JAWAB: GREENWASHING VS GREEN AUTHENTICITY

Era baru tanggung jawab menuntut perusahaan memilih antara greenwashing atau Green Authenticity (keaslian hijau). Keberlanjutan…

3 days ago