Empat Tahun Laju Mitsubishi Xpander di Pasar Small MPV

MIX.co.id - Sejak dirilis pada 2017 lalu di ajang “Gaikindo Indonesia International Auto Show” (GIIAS) hingga Juli 2021, penjualan Mitsubishi Xpander di Tanah Air sudah mendekati 200 ribu unit.

Tak hanya catatan penjualan yang positif, dalam kurun empat tahun perjalanannya di Indonesia, Mitsubishi Xpander juga mampu menorehkan prestasi gemilang dengan meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Mulai dari penghargaan “Favorite Car GIIAS 2017”, “Car of The Year FORWOT 2018”, Merek Mobil Terbaik untuk kategori “Innovation MPV Car” di 2020, “Best Small MPV Otomotif Award 2020”, hingga “Indonesia Most Experiential Brand Activation Award 2020”.

Keberhasilan Mitsubishi Xpander merangsek pasar Small MPV, sejatinya tak lepas dari strategi marketing komunikasi terintergrasi yang dilancarkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia.

Empat tahun lalu, sebagai pendatang baru di pasar Small MPV, Mitsubishi mencoba mencuri perhatian konsumen Indonesia melalui ajang GIIAS yang digelar pada Agustus 2017. Cukup dimaklumi, mengingat GIIAS merupakan salah satu perhelatan bergengsi di Indonesia yang digandrungi oleh para pecinta otomotif maupun masyarakat umum, dengan jumlah pengunjung yang mencapai ratusan ribu orang.

Pada awal peluncurannya, Mitsubishi juga menggelontorkan bujet tinggi untuk iklan TV. Merujuk Laporan Adstensity, untuk Xpander, Mitsubishi telah menggelontorkan belanja iklan TVC sebesar Rp 25,21 miliar pada sepanjang Agustus 2017. Dengan jumlah itu, Mitsubishi menempati peringkat kedua sebagai pembelanja iklan TVC tertinggi di sepanjang Agustus 2017.

Selain iklan TVC, Mitsubishi juga menggelar aktivasi merek di berbagai kota di Indonesia guna memperkenalkan Xpander. Mulai dari program Local Launching di 40 kota di Indonesia, Special Exhibition di 9 kota besar, hingga berpartisipasi di sejumlah event otomotif di Surabaya dan Medan. Termasuk, memanfaatkan komunitas otomotif maupun pendekatan Public Relations (PR) lewat media untuk memperkenalkan Xpander.

Xpander juga tercatat rutin menggelar kampanye berkelanjutan guna membangun brand engagement dengan pelanggannya. Di antaranya, melalui kampanye "Xpander Tons of Real Happiness" (ToRH) di 2018, kampanye “Keluarga Xpander Pinter Bener” di 2019, dan kampanye “Mulai Adventure Baru Senyaman Di Rumah” di 2020. Melalui kampanye ini, Mitsubishi juga ingin mengkomunikasikan keunggulan dari Xpander.

Sejatinya, keberhasilan Xpander di Indonesia bukan semata karena strategi marketing komunikasi terintegrasi yang dilancarkan Mitsubishi. Diminatinya Xpander oleh konsumen Indonesia, juga karena faktor produk dan desain yang mampu menjawab kebutuhan pasar Indonesia.

Selain itu, Xpander juga menawarkan added value seperti nilai jual kembali Xpander yang cukup tinggi jika dibandingkan kompetitor. Termasuk, menghadirkan layanan purna jual yang komprehensif, seperti kemudahan sparepart, servis, dan promo-promo menarik tiap bulan.

Diungkapkan Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, walau diekspor ke-30 negara, awalnya Xpander diproduksi dan didesain khusus sesuai permintaan pasar Indonesia. Indonesia jadi pasar yang utama. Oleh karena itu, ke depannya, rencana tersebut tidak akan berubah walau ada permintaan dari negara lain. Bahkan, pengembangan produk ke depannya, tetap diprioriotaskan Indonesia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)