FGD Landasi Aktivitas Marketing McDonald’s

Resto siap saji McDonald’s tergolong salah satu waralaba yang kerap meluncurkan paket menu terbaru. Pada perayaan 50 tahun Big Mac tahun ini, misalnya, McDonald’s Indonesia meluncurkan menu set Big Mac terbaru yaitu Big Mac Loaded Set yang terdiri dari Big Mac, Medium Drink, dan Loaded Fries dengan dua pilihan saus yaitu Jalapeno Cheese atau Choco Pumpkin. Big Mac adalah menu ikonik dari McDonald’s yang sangat dikenal oleh konsumen di seluruh dunia.

Menurut Caroline Kurniadjadja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, program aktivasi marketing tersebut merupakan yang pertama diselenggarakan di Tanah Air. Obyektif program adalah ingin berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dengan konsumen McDonald’s dalam peringatan 50 tahun Big Mac. Selain itu, program diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan konsumen ke resto dan pada akhirnya dapat mendongkrak profit dari penjualan produknya. “Diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan penjualan sampai dua digit,” katanya.

Diakui, upaya menemukan format program ternyata tidak semudah membalikkan tangan. Perlu data yang relevan sebab program marketing yang dilakukan, baik itu program promo, aktivasi, maupun sales, harus efektif dan tepat sasaran untuk mencapai target program. Data harus bisa menjelaskan kondisi yang ada sekarang, misalnya tentang habits konsumen terhadap kuliner siap saji, bagaimana trend konsumen saat ini serta data tentang apa yang dibutuhkan atau diinginkan konsumen. “Big data maupun small data, yang paling penting adalah bagaimana kita mendapatkan data yang sesuai atau sejalan dengan program marketing yang output-nya efektif untuk mencapai target,” papar Caroline.

Small Data yang dimaksudkannya dalan hal ini, diuraikan dia, digali dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Sebelum melakukan kegiatan program marketing, dimulai dari tahap perencanaan. Pada tahap ini, pihaknya bersama agensi duduk bersama membahas program. Termasuk mengundang para customer loyal untuk menyampaikan apa saja keinginan, usulan, masukan, atau informasi customer. Input dari customer ini sangat penting. “Kemudian, dari input customer ini kita create untuk strategi program marketing McDonald’s,” lanjutnya. Menurut dia, tidak sepenuhnya harus menggunakan data yang besar (big data), tapi cukup data simple yang didapatkan dari hasil riset melalui FGD yang relevan.

Dalam FGD tersebut, diperoleh insight customer tentang tren saat ini bahwa mereka datang ke resto tidak semata-mata hanya untuk menikmati santapan yang disajikan, melainkan sebagai cara untuk menjalin keakraban, kebersamaan, dan kebahagiaan bersama orang-orang yang dicintai. “Makanya, kami eksplore melalui aktivitas marketing yang bertujuan membagi kebahagiaan bersama customer dalam memperingati 50 tahun Big Mac,” katanya lagi.

Paket menu juga menjadi salah satu yang menjadi perhatian customer. Kehadiran paket menu untuk kebersamaan customer ini dianggap pula sebagai upaya mewujudkan rasa kebersamaan tersebut. Tak pelak, apabila McDonald’s paling piawai untuk mengenalkan paket-paket menu yang inovatif dan unik. Selain Big Mac Loaded Set, paket menu yang familiar adalah menu Paket Family Sunday dan Family Weekend yang diperkenalkan kepada konsumen Indonesia.

Menurut dia, diluncurkannya kedua menu paket keluarga ini sebagai salah fokus utama dari McDonald’s Indonesia, yakni untuk kebersamaan keluarga sehingga memberikan pendekatan antara orang tua dan anak.Paket Family Sunday serta Family Weekend diperuntukan bagi keluarga supaya pada akhir pekan dan hari libur tersebut orang tua bisa mengajak anak-anaknya ke resto McDonald’s untuk makan bersama sehingga kasih sayang tetap terjaga,” katanya. Paket Family Weekend terdiri dari pilihan menu untuk 2 orang dewasa dan 1 anak atau 2 anak.

Hal itu pun didasarkan hasil temuan dari FGD. Caroline mengungkapkan, kehadiran paket yang secara khusus ditargetkan kepada keluarga ini karena berdasarkan hasil riset bahwa masyarakat saat makan bersama memainkan gadget masing-masing. “Kami ingin keluarga itu menikmati waktu bersama. Untuk itu, kami mengeluarkan produk ini. Tak hanya makanan saja, tetapi kami juga menyediakan permainan dalam satu paket yaitu permainan kartu sehingga fokusnya bisa ke keluarga, bukan malah gadget," jelasnya. Konsumen yang memesan paket Family Weekend akan mendapat kantong untuk menyimpan gadget beserta game card yang digunakan bermain bersama keluarga.

Kebersamaan, keceriaan, dan kebahagiaan menjadi tema yang diangkat McDonald’s dalam aktivitas marketingnya. Hal ini pula yang tercuat dalam perayaan 50 tahun Big Mac. Bersamaan dengan peluncuran Big Mac Song versi Indonesia, McDonald’s Indonesia juga mengajak konsumen dan penggemar Big Mac untuk ikut serta dalam kompetisi Big Mac Song, yakni menyanyikan Big Mac Song versi bahasa Indonesia ini dengan gaya mereka sendiri dan merekamnya dalam format video. Video tersebut kemudian diunggah ke Instagram atau www.BigMacSong.co.id, dengan hashtag #BigMacSong.

Konsumen yang berada di restoran juga bisa berpartisipasi mengikuti kompetisi ini, dengan mengunggah atau merekam video Big Mac Song mereka di booth yang tersedia di 10 restoran terpilih di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Periode kontes berlangsung dari 14 September hingga 31 Oktober 2018. Pemenang utama akan tampil di video klip Big Mac bersama grup vokal GAC. 50 Pemenang hiburan akan mendapatkan masing-masing satu album eksklusif 1 set lengkap MacCoin.

“Kami berharap pencinta Big Mac akan tertarik untuk ikut merayakan dan menjadi bagian langsung dari perayaan ulang tahun Big Mac ke-50 dengan mengirimkan video hasil cover Big Mac Song. Pemenang dari kompetisi ini pun akan mendapatkan kesempatan yang sangat langka yaitu tampil dalam video clip Big Mac Song bersama GAC,” tandas Caroline. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)