Strategi Bhinneka Garap Segmen Millennials dan Gen-Z

Usai menjadi mitra e-commerce pertama yang menerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dari Bank DKI, Bhinneka--pionir e-commerce di Indonesia sejak 1993--kembali memfasilitasi segmen mahasiswa lewat program Sahabat Mahasiswa. Salah satu program tersebut berupa trade-in laptop Acer dengan memanfaatkan layanan pembiayaan melalui CICIL.

Dikatakan Chief of Omni Channel Officer (COCO) Bhinneka Vensia Tjhin, program tersebut dilatarbelakangi oleh perhatian pemerintah dalam menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia di era Industri 4.0. Oleh karena itu, penting untuk mencetak SDM yang berkualitas dan unggul, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan IPTEK dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

“Dalam program ini, para mahasiswa dapat melakukan trade-in laptop Acer lamanya dengan yang baru. Program ini berjalan di seluruh Bhinneka Store dan bisa menggunakan skema cicilan melalui CICIL dan berlangsung hingga Juni mendatang. Dengan terbukanya akses pada teknologi ini, diharapkan generasi muda Indonesia akan makin terpapar pada informasi dan makin kaya dengan ide-ide inovatif di era Industri 4.0," harapnya.

Merujuk data sebelumnya di 2018, terdapat hampir 2.500 mahasiswa pemegang KJMU yang berhak untuk bantuan pendidikan dari pemerintah, serta menikmati fasilitas kemitraan antara Bank DKI dan Bhinneka. Sedangkan dilangsir dari laporan Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2017, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, ada 996.558 Mahasiswa Terdaftar di DKI Jakarta secara total (jenjang D-1 sampai S-1).

Fasilitas trade-in diprediksi akan meningkatkan jumlah pengguna layanan Bhinneka dari segmen millennial serta generasi setelahnya, yakni Generasi Z (Gen-Z) yang lahir dari tengah era 1990-2000. Terpisah, Co-Founder CICIL, Edward Widjonarko membeberkan bahwa pihaknya memang gencar dan terus fokus kepada mahasiswa dan komunitas kampus secara umum.

"Melalui program ini, para mahasiswa akan mendapatkan keuntungan ganda. Selain berkesempatan mendapat laptop Acer yang gres, juga terbantu dengan skema cicilan khusus mahasiswa. Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen CICIL bersama Bhinneka dan Acer untuk mendukung inklusi finansial bagi komunitas kampus, dengan menyediakan pembiayaan bagi mahasiswa dalam membeli laptop dengan performa terbaik, demi mendukung aktivitas belajar mereka di kampus,” urai Edward.

Lebih jauh ia menerangkan, CICIL telah hadir di 165 universitas di Indonesia. Dan, sejauh ini telah memberikan bantuan kepada lebih dari 30 ribu mahasiswa. “Dengan program ini, kami berharap dapat membantu lebih banyak mahasiswa pada tahun ini,” tutup Edward.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)