Strategi JD.ID Merebut Hati Konsumen Indonesia di Kampanye 11.11

Jika Indonesia punya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), maka sejak sepuluh tahun lalu, China sudah memiliki program Single Day atau lebih dikenal dengan kampanye 11.11. Hampir semua e-Commerce di China ikut memanfaatkan kampanye tersebut guna menggenjot penjualan dan menambah pelanggan baru mereka.

JD.Com dan Alibaba merupakan dua raksasa e-Commerce di China yang rutin memanfaatkan momen tersebut. Hasilnya, tercatat senantiasa signifikan. Pada Kampanye 11.11 tahun 2017 lalu, JD.Com misalnya, mampu mencatatkan penjualan sebesar Rp 283,1 triliun. Berikutnya, secara keseluruhan, volume transaksi JD.Com untuk ‘Singles Day Shopping Festival’ tahun 2018 ini mencapai rekor, yakni sekitar Rp 340 triliun, terhitung sejak awal festival berlangsung pada 1 November hingga 11 November 2018.

Sementara itu, total Gross Merchandise Volume (GMV) Alibaba selama satu hari pada Kampanye 11.11, yakni pada 11 November 2018, menyentuh US$ 30,8 miliar. Itu artinya, total transaksi tersebut naik 27% dibandingkan Kampanye 11.11 tahun 2017.

Bagaimana dengan Indonesia? Jelang Harbolnas 2018, berbagai e-Commerce di Tanah Air juga turut memanfaatkan momentum Kampanye 11.11. JD.ID yang merupakan perusahaan e-Commerce yang terafiliasi dengan JD.Com turut menggelar Kampanye Amazing 11.11. Sementara itu, Lazada yang juga bagian dari Alibaba Group, memiliki kampanye "11 Kali Flashsale". Adapun Shopee punya program "Shopee 11.11 Big Sale", Elevenia punya program "B11G Sale Diskon hingga 75%", dan Blibli punya "Games 11.11 Harbolnas".

Di tengah ramainya pemain e-Commerce bertarung memperebutkan hati para pembelanja online di Indonesia, JD.ID memutuskan untuk melancarkan strategi Customer First, yang notabene merupakan salah satu nilai korporasi JD.

Ya, pada momen festival belanja online tersebut, seluruh karyawan JD.ID terlihat sibuk di warehouse, drop point, hingga bagian pengiriman di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan, CEO JD.ID Zhang Li beserta jajaran manajemen lain turun langsung menyiapkan pesanan pelanggan. Kultur seluruh tim, termasuk petinggi, turun tangan melayani pelanggan pada saat Kampanye 11.11 memang sudah menjadi nilai yang selalu diusung JD.Com maupun JD.ID.

Pada kesempatan kali ini, Li beserta beberapa karyawan JD.ID turun langsung di Gudang Marunda, Tarumajaya, Bekasi untuk memilah barang pesanan hingga ke bagian pengiriman untuk memastikan semua produk sesuai pesanan, dikemas dengan rapi, dan dikirim segera. CEO Zhang Li pun mengemudikan truk JD.ID ke salah satu drop point terdekat di kawasan Bekasi.

Diungkapkan Li, “Pada kemeriahan festival belanja ini, seluruh karyawan JD.ID dari staf hingga jajaran manajemen turun langsung melayani pelanggan. Kami ingin menunjukkan bahwa JD.ID menerapkan sistem flat organization yaitu seluruh karyawan saling membantu untuk melayani pelanggan tidak peduli apapun posisinya. Ini adalah bagian dari budaya perusahaan mendahulukan pelanggan- putting customers first- yang selalu kami emban.”

Selain itu, untuk memuaskan pelanggan, pada Kampanye Amazing 11.11, JD.ID kali ini menggelar beragam diskon dan promo menarik yang menghadirkan beberapa signature campaign JD.ID seperti JD Half (diskon setengah harga) dan JD99 (harga serba 99 ribu). "Bahkan, ada promo terbaru dan sensasional yakni JD Golden Ticket, yang memberikan kesempatan untuk memenangkan produk luxury dan branded yang #DijaminOri dengan harga Rp 111.000 saja," lanjutnya.

Hasilnya? Pada Kampanye 11.11 yang luar biasa ini, order yang diterima JD.ID meningkat hingga 845%. Lima kategori teratas untuk produk yang dibeli adalah produk groceries, kesehatan, ponsel pintar, tablet dan aksesoris, serta produk ibu, bayi & anak. Adapun kawasan Jabodetabek mencatatkan penjualan tertinggi dari seluruh Indonesia dan pukul 9 malam menjadi waktu belanja favorit para pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)