Strategi Memaksimalkan Instagram untuk Memperkuat Brand Campaign

Memiliki sebuah strategi sosial media yang matang merupakan bagian penting dalam proses membangun branding di dunia online, terutama bagi Anda yang baru merintis brand. Memanfaatkan berbagai platform sosial media merupakan cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas serta word-of-mouth marketing brand Anda.

Instagram-Logo

Menurut artikel yang dibuat oleh Dan Schawbel dan rekan-rekannya, sebagaimana dilansir oleh situs www.business2community.com, Instagram merupakan salah satu platform network terbaik untuk membangun branding karena memungkinkan Anda untuk meraih banyak audiens dan followers, yang membuat platform ini sebagai “must-engage-tool- bagi para brand. Hal yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkannya adalah mem-posting gambar-gambar maupun video yang relevan agar para audiens memberi tanda "love".

Memaksimalkan hashtag dan captions yang tepat dapat menjadi strategi efektif untuk membuat brand Anda di-noticed di Instagram. Selain itu Anda juga harus memusatkan perhatian terhadap kualitas dan ketepatan isi pesan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dikemukakan oleh Dan Schawbel beserta rekan-rekannya untuk memaksimalkan potensi Instagram sebagai tools marketing.

1. Pastikan Audiens Dapat Menemukan Anda

Agar dapat menarik perhatian fans dan followers Anda di berbagai platform lainnya, buatlah ID Instagram yang sama atau semirip mungkin dengan dengan ID sosial media miliki brand Anda lainnya, seperti Twitter atau Facebook. Anda juga sebaiknya menyertakan semua direct link sosial media milik brand Anda di bagian “description” agar para fans dan followers tidak kesulitan mencari akun sosial media Anda.

2. Buatlah Campuran Konten Visual

Ada ribuan gambar dan video yang diposting di dalam Instagram pada setiap detiknya, dan merupakan hal penting untuk membuat foto profesional dan video pendek yang dapat memenuhi kebutuhan audiens sekaligus menghibur mereka. Strategi yang dapat Anda lakukan adalah share tips, ide, cerita lucu, inspirasi dan pengumuman-pengumuman. Jika brand Anda memiliki sebuah artikel, video atau infografis terbaru, Anda dapat menaruhnya dalam bentuk link dan hashtag di dalam comments section dari konten yang Anda share.

3. Engage Secara Aktif Melalui Posts dan Comments

Setelah brand Anda mempunyai beberapa post di Instagram, mulailah proses membangun branding dengan “like” dan “comment” pada akun Instagram Anda maupun akun para influencer. Perhatikanlah respon audiens terhadap post-post Anda, dan gunakan sharing apps untuk me-repost gambar dan video mereka untuk meningkatkan engagement. Selain itu, mulailah follow akun lainnya yang ada di dalam lingkup pasar brand Anda, serta follow back akun-akun yang Anda rasa dapat memberikan manfaat bagi brand Anda.

4. Gunakan “Tagging” Untuk Mendorong Growth dan Interaksi

Pada dasarnya, sosial media adalah mengenai percakapan, dan brand Anda dapat melakukan “tag” pengguna-pengguna lainnya di dalam fitur comments atau mengajak mereka untuk men-tag teman dan followers mereka. Ajukan pertanyaan kepada audiens Anda dan share feedback dari mereka adalah cara yang baik untuk mengajak sekaligus mendorong followers Anda untuk aktif di dalam sosial media brand Anda. Seiring dengan berjalannya proses ini, Anda akan mendapati Instagram milik brand Anda berkembang, dan semakin banyak user yang membagi konten Anda di profil mereka masing-masing.

Gunakan Instagram sebagai suatu tool untuk meningkatkan visibilitas brand Anda, sekaligus menjadikannya sebuah tempat di mana audiens dapat langsung diarahkan kepada website dan akun sosial media Anda lainnya. Buatlah sebuah rencana untuk aktif setiap hari, dengan jumlah posting gambar atau video antara 5-10 buah setiap minggunya. Saat ini sudah banyak tools dan aplikasi gratis yang dapat membantu Anda membuat sekaligus menjadwalkan waktu publikasi konten Anda. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan jika Instagram dikatakan sebagai salah satu jejaring sosial media terbaik bagi brand Anda untuk menunjukkan lebih banyak sisi personal sekaligus membangun fans loyal bagi brand Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 thought on “Strategi Memaksimalkan Instagram untuk Memperkuat Brand Campaign”

Correct
by Agus Ralibi, 12 Feb 2015, 20:23

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)