- Reducing Offensiveness of Event
Menurut strategi ini, pihak yang melakukan kesalahan pantas diberikan keringanan dengan melihat perbuatan positif di masa lalu. Opini publik digiring ke arah “permakluman” karena jasa-jasa di masa lalu.
Bisa juga dengan cara attack accuser, yaitu menyerang kredibilitas pihak menuduh dengan mempertanyakan kompetensi dan hal lainnya, dan perhatian publik pun berpindah ke pihak penuduh.
Atau, melalui compensation, yakni memberikan ganti rugi sebagai bentuk tanggungjawab untuk menebus kesalahan sehingga perbuatannya dimaafkan dan reputasinya kembali menjadi baik.
- Corrective Action
Strategi ini dilakukan dengan cara menjanjikan bahwa tindakan (kesalahan) yang terjadi akan diperbaiki ke depannya. Dengan janji-janji yang meyakinkan, diharapkan akan terbangun kembali citra positifnya.
- Mortification
Strategi ini sangat elegan, yaitu mengakui kesalahan, dan dengan jelas meminta pengampunan atas tindakan yang dilakukan. ()