Centre For ASEAN Public Relations Studies dan APRN Gelar "ASEAN Talk ke-15"

MIX.co.id - Pusat Studi ASEAN di LSPR Institute of Communication & Business,
yang bernama Centre For ASEAN Public Relations Studies (CAPRS), bersama ASEAN Public Relations Network (APRN) menggelar talkshow ASEAN Talks ke-15.

Digelar pada pertengahan Januari ini, talkshow tersebut membahas agenda
Indonesia sebagai ASEAN Chairmanship tahun 2023. Saat ini, Indonesia telah menerima estafet kepemimpinan ASEAN dari Kamboja di KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 pada 13 November 2022 lalu.

Oleh karena itu, pada tahun 2023, Indonesia kembali akan memegang posisi penting dalam forum internasional sebagai ketua ASEAN, setelah sebelumnya Indonesia pernah menjadi ketua pada tahun 1976, 1996, 2003, dan 2011. Tema Indonesia untuk ASEAN 2023 adalah ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Dituturkan Dekan Fakultas Bisnis LSPR Yuliana R. Prasetyawati, M.M. yang juga Head of LSPR CAPRS, momentum Indonesia sebagai Ketua ASEAN Tahun 2023 perlu dimanfaatkan secara maksimal oleh perguruan tinggi untuk mewujudkan peningkatan peran dan kepemimpinan Indonesia di ASEAN serta meningkatkan kesadaran generasi muda akan ASEAN.

Oleh karena itu, tujuan diadakan ASEAN Talks ke-15 ini adalah untuk mendiseminasikan informasi dan mendiskusikan agenda Indonesia sebagai ASEAN Chairmansip tahun 2023 kepada generasi muda.

Ditambahkan Dr. (H.C.) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR, Public Relations (PR) berperan besar dalam menyebarluaskan berbagai informasi guna membangun pengertian dan memperkuat persahabatan serta mempersempit GAP diantara anggota ASEAN.

"Indonesia juga telah menjadi pusat public relations di ASEAN, karena sekretariat seluruh asosiasi public relations di ASEAN terdapat di LSPR Institute," ucapnya.

Lebih lanjut Prita juga berpesan kepada mahasiswa LSPR yang hadir dalam ASEAN Talks ke-15 untuk menjadi generasi muda
yang bangga menjadi bagian dari ASEAN Community.

Ambasador Indonesia untuk ASEAN, H.E. Derry Aman yang hadir sebagai pembicara u utama dalam ASEAN Talks ke-15 menegaskan bahwa Indonesia telah berhasil dan sukses menyelenggarakan perhelatan Presidensi G20 Indonesia di Bali pada tahun 2022. Kini, Indonesia semakin menegaskan posisi dan peran strategisnya di kancah Internasional karena Indonesia kembali dipercaya untuk mengemban ASEAN Chairmanship tahun 2023.

Pada kesempatan yang sama, H.E. Foster Gultom, Former Ambassador Indonesian to Kazakhstan dan Senior Diplomat, menekankan bahwa tema ASEAN Chair
melanjutkan prioritas dan hasil dari kepemimpinan Indonesia di G20, yaitu ketahanan pangan, ketahanan energi, arsitektur kesehatan, dan stabilitas keuangan. "Jika didukung oleh public
relations, maka kepemimpinan Indonesia sebagai ASEAN Chair akan sangat sukses," ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)