Tahun 2013 bisa dibilang tahunnya Sport Marketing. Bagaimana tidak, di bulan Juli 2013 nanti, salah satu tim sepakbola terbesar dunia asal Inggris, Arsenal, berencana akan menyambangi Indonesia. Seperti yang dikemukakan CEO MNC Group, Harry Tanoesoedibjo dalam konferensi pers "Arsenal Tour Indonesia 2013" di Auditorium MNC Tower, Jakarta, hari ini (29/1).
RCTI resmi mensposnsori kedatangan tim sepakbola asal Inggris Arsenal ke Indonesia, pada tanggal 13–14 Juli 2013 mendatang. Hal ini menandai kelahiran 'sport marketing' di dunia pemasaran Indonesia.
Dalam program ini, RCTI akan betindak sebagai sposnsor dan official broadcaster. “Merupakan sebuah kehormatan bagi MNC Group khususnya RCTI karena dapat menghadirkan tim Arsenal ke Indonesia.” ujar Harry dalam sambutannya.
Ia juga menambahkan, “Indonesia adalah satu – satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi pilihan bagi Arsenal untuk melakukan tur-nya di tahun ini,” lanjutnya. Menurut jadwal, Arsenal akan tiba di ke Indonesia pada tanggal 13 – 14 Juli 2013 mendatang.
Populasi Fans Arsenal yang besar di Indonesia, hampir mencapai lebih dari 9 juta fans. Hal tersebut tentu dapat menjadi daya tarik, tidak hanya bagi Arsenal namun juga berbagai sponsor yang ikut dalam program tur ini. “Selain pertandingan utama antara Arsenal dan 'Indonesia Dream Team', kami juga akan diadakan undian, yang salah satu hadiahnya adalah pergi ke London, Inggris, mengunjungi Emirates Stadium, markas tim Arsenal dan mengikuti aktivitas mereka,” terang Kanti Mirdiati, Managing Director RCTI.
“Salah satu alasan Arsenal datang ke Indonesia adalah karena besarnya dukungan supporter Arsenal Indonesia. Dalam dua musim terakhir kami bermain di Kuala Lumpur, namun di antara mereka, yang jumlahnya paling banyak dan paling heboh adalah supporter Arsenal dari Indonesia.” ucap Tom Fox, Chief Commercial Officer Arsenal di saat pembukaan konferensi pers.
Kedatangan Arsenal sebenarnya bukan kali pertama di Indonesia. Tepatnya 31 tahun lalu, tim asal London ini pernah mengunjungi kota Surabaya untuk bertanding melawan tim sepakbola Niac Mitra. Sayangnya, kala itu, produk – produk di industri persepakbolaan Indonesia masih susah untuk dipasarkan.
Namun kini, dengan perkembangan industri persepakbolaan Indonesia yang semakin menarik untuk dikemas, tampaknya menjadi salah satu tujuan tim – tim besar dunia melakukan program marketing-nya seperti Arsenal di Juli 2013 nanti. Termasuk didalamnya akan diselenggarakan pertandingan melawan 'Indonesia Dream Team'.
Kegiatan sport marketing tidak akan berhenti sampai klub Arsenal saja, di tahun 2013 diperkirakan sudah ada beberapa klub sepakbola Eropa beserta sejumlah pesepakbola internasional yang berencana tur ke Indonesia. Klub sepakbola seperti Liverpool, Chelsea, dan beberapa lainnya diprediksi akan datang ke Indonesia lengkap dengan sponsor resmi yang membawa mereka.
Melihat semakin banyaknya klub sepak bola luar yang datang ke Indonesia, mau tidak mau industri olahraga Indonesia, khususnya sepakbola, kini tengah memasuki era komersialisasi. Di satu sisi, jelas menguntungkan para penggemar klub sepakbola yang rindu ingin melihat klub kesayangannya bermain di Indonesia. Namun, di sisi lain, momentum seperti ini merupakan peluang besar bagi para marketer untuk menggencarkan strategi pemasaran mereka di 2013.
*Ulasan mengenai sport marketing bisa anda baca di Majalah MIX Edisi Februari 2013 secara lebih lengkap dan komprehensif. Selamat menantikan Majalah MIX edisi Februari 2013 dan Selamat membaca.